Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas VIII MTs. Negeri 5 Kediri

Maghfiroh, Umul (2021) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas VIII MTs. Negeri 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932117015_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932117015_bab1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
932117015_bab2.pdf

Download (331kB)
[img] Text
932117015_bab3.pdf

Download (321kB)
[img] Text
932117015_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
932117015_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
932117015_bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
932117015_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
932117015_lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

MAGHFIROH, UMUL, 2021. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Al-Quran Hadis Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Tahun Ajaran 2019/2020, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Noer Hidayah, M.Si dan (2) Ummy Fauziyah Laili, M.Si. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, beberapa diantaranya adalah lingkungan keluarga dan motivasi belajar. Adapun tujuan dari penelitin ini adalah (1) Mengetahui lingkungan keluarga peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri (2) Mengetahui motivasi belajar Al-Quran Hadis peserta didik kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh antara lingkungan keluarga, motivasi belajar terhadap prestasi belajar Al-Quran Hadis kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Populasi sebanyak 380,dengan sampel berdasarkan pedomal pada tabel Issac Michael adalah 165 peserta didik. Dengan tekhnik pengambilan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sedangkan untuk perhitungannya menggunakan analisis regresi (berganda) yang diolah dengan aplikasi SPSS 21.0. Dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikansi lingkungan keluarga dengan nilai signifikansi variable lingkungan keluarga sebesar 16,569>1,980 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar Al-Quran hadis siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri tahun ajaran 2019/2020 dengan nilai signifikansi variable motivasi belajar (X2) sebesar 0,125<1,980sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Terdapat pengaruh positif dan signifikansi lingkungan keluaga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Al-Quran hadis siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kediri tahun ajaran 2019/2020 diketahui bahwa nilai R = 0042 dan koefisien determinan (R squere) sebesar 0,629. Hal ini menunjukkan pengertian bahwa prestasi (Y) dipengaruhi sebesar 62,9% oleh variabel X1 dan X2 sedangkan sisanya 37,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umul Maghfiroh
Date Deposited: 19 Apr 2022 01:47
Last Modified: 19 Apr 2022 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item