Manajemen Kurikulum Pesantren Salafiyah Di Era Milenial (Studi Kasus Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri)

Jamroji, Bagus (2022) Manajemen Kurikulum Pesantren Salafiyah Di Era Milenial (Studi Kasus Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400920002_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_bab6.pdf

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_pustakadigital.pdf

Download (4MB)
[img] Text
92400920002_suratpernyataan.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian mengakaji tentang Manajemen Kurikulum Pesantren salafiyah pada Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Pondok Pesantren Al Falah Ploso di usianya hampir 100 tahun tetap konsisten dengan metode salafiyahnya, menjadi hal menarik untuk diteliti. Fokus penelitian adalah bagaimana manajemen kurikulum pada Pondok Pesantren Al Falah Ploso secara menyeluruh meliputi perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum pesantren Al Falah Ploso. Tujuan penelitian yakni mengetahui bentuk Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum di Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian adalah Ketua Pondok, Sekretaris Pondok, Ustadz dan pengurus pondok. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan Perencanaan Kurikulum di Pondok Pesantren Al Falah Ploso berjalan dengan terstruktur seperti persiapan mengajar, dan programprogram pesantren lainnya. Perencanaan kurikulum Pondok Pesantren Al Falah disusun oleh pendiri pesantren dan dilanjutkan oleh generasi selanjutnya. Implementasi KurikulumPondok Pesantren Al Falah Ploso dari awal hingga sekarang dilaksanakan dalam bentuk salafiyah, dengan menggunakan metode seperti sorogan, bandongan, lalaran, hafalan, dan sawir. Evaluasi dan pengawasan kurikulum di Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Pengawasan yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Falah Ploso secara garis besar menjadi tiga tahapan, yaitu (1) pengawasan pada tahap pembelajaran yang dilakukan, (2) pengawasan terhadap tenaga pendidikan dan para santri, (3) pengawasan pada tahap program yang telah dibuat. Sementara evaluasi kegiatan belajar dilaksanakan dua kali dalam setahun, melalui ujian yang disebut ujian semester dan ujian akhir sanah. Kebijakan Kurikulum Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Sistem manajemen yang ada di Pondok Pesantren Al Falah Ploso masih menggunakan manajemen tradisional, meskipun demikian tetap tersusun terstruktur secara sistematis dan sederhana. Melibatkan : Kiai dan Nyai putra K.H A djzuli, Gawagis dzurriyah, dan Kepala Unit-unit/Biro-biro di bawah wilayah Pondok Pesantren Al Falah Ploso. Melalui majlis yang diadakan sebulan sekali atau ketika mendesak untuk diambil keputusan bisa secepatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Bagus Jamroji
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:21
Last Modified: 18 Apr 2022 05:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4213

Actions (login required)

View Item View Item