Qoni’ah, Siti (2019) Gambaran Psichological Well Being Pada Wanita Pekerja Seks Yang Menjadi Peer Educator (Studi Kasus Perempuan Pekerja Mandiri di LSM SuaR Indonesia). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933405215 PRA BAB.pdf Download (740kB) |
|
Text
933405215 BAB I.pdf Download (278kB) |
|
Text
933405215 BAB II.pdf Download (388kB) |
|
Text
933405215 BAB III.pdf Download (175kB) |
|
Text
933405215 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
|
Text
933405215 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
933405215 BAB VI.pdf Download (17kB) |
|
Text
933405215 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
|
Text
933405215 lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Psychological well being merupakan kondisi individu yang ditandai dengan adanya perasaan bahagia, memiliki kepuasan hidup dan tidak ada tanda-tanda depresi dalam dirinya dan hal ini bukan hal mudah untuk didapatkan. Di lingkungan prostitusi peer educator mendapat tanggung jawab untuk memberikan edukasi kepada teman sesama wanita pekerja seks lainnya, ada banyak hambatan yang ditanggung peer educator mulai dari para wanita pekerja seks yang tidak kooperatif dan upah yang tidak seberapa dibanding dengan penghasilannya sebagai wanita pekerja seks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran psychological well being pada wanita pekerja seks yang menjadi peer educator dan faktor apa yang mempengaruhinya. Informan pada penelitian ini sebanyak 5 orang yang semua merupakan wanita pekerja seks yang juga berperan sebagai peer educator. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ada tiga proses yakni mereduksi data, menyajika data, dan penarikan kesimpulan kemudian pengecekan data melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya semua subjek tidak memenuhi dimensi psychological well being, adapun dimensi yang didapatkan dari subjek penelitian sebagai berikut: (a) pada dimensi penerimaan diri peer educator memiliki sikap yang positif dan dapat menerima kualitas baik dan buruk yang ada pada dirinya (b) pada dimensi hubungan positif dengan orang lain peer educator memiliki sikap yang hangat, empati dan afeksi yang bagus (c) pada dimensi otonomi peer educator bisa mengambil keputusannya secara mandiri dan berperilaku sesuai dengan yang diinginkannya. (d) pada dimensi penguasaan lingkungan peer educator bersama-sama membuat lingkungan ekslokalisasi sehat dan mereka menggunakan kesempatan yang ditawarkan oleh lingkungan.(e) dimensi tujuan hidup peer educator memiliki tujuan hidup untuk lebih sehat dan mengurangi resiko penyakit (f) dimensi pertumbuhan pribadi peer educator banyak yang belum menyadari potensi yang dimiliki dan cara mengembangkanknya. Faktor yang mempengaruhi psychological well being adalah (a) Usia (b) jenis kelamin (c) status sosial ekonomi (d) budaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 01:52 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 01:52 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4198 |
Actions (login required)
View Item |