Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di SMK Pawyatan Daha 1 Kediri

Arisandy, Denny (2021) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di SMK Pawyatan Daha 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121616_prabab.pdf

Download (860kB)
[img] Text
932121616_bab1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
932121616_bab2.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932121616_bab3.pdf

Download (163kB)
[img] Text
932121616_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
932121616_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932121616_bab6.pdf

Download (85kB)
[img] Text
932121616_daftar_pustaka.pdf

Download (67kB)
[img] Text
932121616_suratpernyataan.pdf

Download (91kB)

Abstract

Dalam Pendidikan Agama Islam, guru mempunyai peranan, tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, karena guru tidak hanya sekedar menyampaikan ilmu agama kepada peserta didiknya, tapi yang lebih penting adalah menanamkan keimanan dalam jiwa anak dan membentuk pribadi muslim yang berakhlak mulia. Dengan demikian guru agama disamping berbekal ilmu pengetahuan juga harus memiliki akhlak yang mulia dan bertanggung jawab.Secara konseptual proses pembinaan akhlak merupakan bagian tak terpisahkan dari kurikulum. Oleh karena itu, kurikulum yang baik harus terdapat dalam proses pembinaan. Atas dasar itulah maka proses PAI mencakup perencanaan, pelaksanaan dan penilaian serta bimbingan guru PAI dalam membina akhlak siswa menjadi manusia yang berakhlak mulia melalui peranannya sebagai pengajar, pendidik, pembimbing, dan pembina. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Yang ingin mengkaji peran guru PAI dalam membina akhlak siswa di Smk Pawyatan Daha 1 Kediri. Peneliti memilih sekolah tersebut karena dulu pernah bertugas magang 2 dan melihat situasi dan kondisi peserta didik dan para guru yang ada di sekolah tersebut, sehingga peneliti tertarik untuk meneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan 2 versi yaitu daring dan luring yaitu karena pada masa pandemi covid 19 menyebabkan harus wawancara secara online atau tidak tatap muka secara langsung pada siswa karena sekolahnya lbur, tetapi untuk para guru lain ada yang dapat bertemu secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat peran guru dalam membina akhlak siswa di sekolah SMK, yaitu antara lain: guru sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing. Kedua, terdapat tantangan guru dalam membina akhlak peserta didik, antara lain: faktor internal (dalam) dan eksternal (luar)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Denny Arisandy
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:22
Last Modified: 13 Apr 2022 03:22
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item