Peran Strategi Referral Da'i Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pendaftar Haji Di Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri

Amartasabilla, Fira (2022) Peran Strategi Referral Da'i Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pendaftar Haji Di Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931407617_prabab.pdf

Download (334kB)
[img] Text
931407617_bab1.pdf

Download (297kB)
[img] Text
931407617_bab2.pdf

Download (413kB)
[img] Text
931407617_bab3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
931407617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
931407617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
931407617_bab6.pdf

Download (74kB)
[img] Text
931407617_daftar pustaka.pdf

Download (142kB)
[img] Text
931407617_suratpernyataan.pdf

Download (342kB)

Abstract

Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri menerapkan strategi referral da’i dalam meningkatkan jumlah nasabah pendaftar haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran strategi referral da’i dalam meningkatkan jumlah nasabah pendaftar haji. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dari hasil wawancara dengan Staf Relationship Manager Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri dan hasil data sekunder dari hasil dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif dengan melalui tahap yaitu; reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi referral da’i adalah dimana Bank melakukan kerjasama dengan nasabah untuk menceritakan kepuasannya terhadap produk tabungan iB Hijrah Haji kepada orang lain dan mengajak orang tersebut untuk ikut serta mendaftar haji melalui Bank Muamalat KC Kediri, dalam hal ini nasabah (mitra) yang berhasil membawa nasabah baru akan diberikan fee oleh Bank Muamalat KC Kediri sebesar Rp. 100.000,00 per orang apabila nasabah baru tersebut membayar RTJH sebesar 25jt secara langsung, jika nasabah baru hanya membayar tabungannya saja maka fee sebesar Rp. 100.000,00 akan didapatkan oleh mitra ketika RTJH 25jt sudah lunas. Peran strategi referral da’i sangat penting dalam meningkatkan jumlah nasabah pendaftar haji di Bank Muamalat KC Kediri, terbukti pada kenaikan jumlah nasabah nya yakni tahun 2008 sampai tahun 2010 sebelum diterapkannya strategi referral da’i nasabah yang datang sendiri ke kantor rata – rata berjumlah 111 - 273, pada tahun 2011 sampai tahun 2020 setelah diterapkannya strategi ini jumlah nasabah meningkat menjadi 1236. Kecuali pada tahun 2021 jumlah nasabah menurun menjadi 437 dikarenakan virus covid-19 yang menyebabkan pemberangkatan haji di seluruh dunia dibatalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Fira Amartasabilla
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:48
Last Modified: 07 Apr 2022 04:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4100

Actions (login required)

View Item View Item