Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning Di MI Sabilun Najah Gudo Jombang

Handisantasa, Angger Wasis (2020) Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-Learning Di MI Sabilun Najah Gudo Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101418007_prabab.pdf

Download (554kB)
[img] Text
92101418007_bab1.pdf

Download (268kB)
[img] Text
92101418007_bab2.pdf

Download (339kB)
[img] Text
92101418007_bab3.pdf

Download (237kB)
[img] Text
92101418007_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101418007_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
92101418007_bab6.pdf

Download (132kB)
[img] Text
92101418007_daftarpustaka.pdf

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK vii Angger Wasis H, 2021, Efektivitas Pembelajaran Berbasis E-learning di MI Sabilun Najah Gudo Jombang Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Pembimbing Dr. H. Noer Hidayah, M. Si. Dan Dr. Iskandar Tsani, M. Ag. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, dan Elearning Pendidikan masa sekarang sangatlah identik dengan teknologi-teknologi yang canggih dan inovasi yang beragam. Di mulai dari penggunaan buku manual hingga penggunaan notebook sebagai media tulis untuk melakukan proses pembelajaran, dengan begitupula inovasi pengembangan Internet dapat digunakan untuk mengefesienkan waktu dan tempat. Agar seorang pelajar dapat menyerap ilmu yang di ajarkan oleh tenaga pengajar. Dalam prosesnya e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh yang menciptakan karangka berpikir baru manusia tentang pembelajaran konvensional dengan pembelajaran berbasis internet (elearning). Dengan penggunaan e-learning tersebut guru akan lebih berperan sebagai “fasilatator” dan siswa sebagai “siswa” dalam proses belajar mengajar. Guru dituntut untuk mampu menciptakan teknik mengajar yang baik, menyajikan bahan ajar yang menarik sementara siswa dituntut untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar. Rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana konsep penerapan elearnig dalam pembelajaran di MI Sabilun Najah Jombang, 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan penerapan e-learnig dalam pembelajaran di MI Sabilun Najah Jombang, 3) Bagaimana Efektivitas pembelajaran berbasis e-learning di MI Sabilun Najah Jombang. Pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati dari orang (subyek itu sendiri). Penelitian kualitatif dilakukan dalam situasi yang wajar (natural setting) dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dengan cara melibatkan berbagai metode yang ada. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1). Knsep pembelajaran berbasis e-learning di MI Sabilun Najah terbia menjadi tiga aspek yaitu aspek penyusunan materi, aspek penyampaian materi dan aspek evaluasi materi. 2) dengan e-learnig memudahkan melakukan interaksi kmunikasi dalam proses kegiatan mengajra namun juga terdapat kendala dengan konektivitas yang tidal stabil, kesulitan penerapan e-learning pada mata pelajaran tertentu sperti bahasa arab. 3) ektivitas penerapan e-learning di MI Sabilun Najah belum dapat di terapkan dengan maksimal karena terdapat faktor penghambat yakni konektivitas jaringan internet tidak stabil dan ketersedian gawai yang belum merata. Sehinnga sangat berpengaruh pada proses pembelajaran untuk dapat di akses oleh peserta didik,

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Angger Wasis Hadisantasa
Date Deposited: 31 Mar 2022 03:36
Last Modified: 31 Mar 2022 03:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4029

Actions (login required)

View Item View Item