Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Life Skill Peserta Didik (Studi Multisitus di MAN 1 Jombang dan MAN 1 Kota Kediri)

Fathoni, Ahmad (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Life Skill Peserta Didik (Studi Multisitus di MAN 1 Jombang dan MAN 1 Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400819004_prabab.pdf

Download (614kB)
[img] Text
92400819004_bab 1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
92400819004_bab 2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
92400819004_bab 3.pdf

Download (191kB)
[img] Text
92400819004_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
92400819004_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
92400819004_bab 6.pdf

Download (77kB)
[img] Text
92400819004_daftarpustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
92400819004_suratpernyataan.pdf

Download (571kB)

Abstract

AHMAD FATHONI, 2021, Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan life skill peserta didik (Studi Multisitus di MAN 1 Jombang dan MAN 1 Kota Kediri), Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing: 1. Prof. Nur Ahid, M.Ag. 2. Dr. Munifah, M.Pd. Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Life Skill, Peserta didik Kepemimpinan kepala madrasah memegang peranan penting dalam pengembangan life skill peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia secara menyeluruh yang dilakukan melalui pembelajaran. Maka dari itu ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepemimpinan kepala madrasah yang merupakan salah satu pemimpin pendidikan yang menjadi aspek penting dalam mempersiapkan peserta didik dengan membuat progam-progam yang berkaitan aspek pengembangan dan Life skill peserta didik. Kepemimpinan kepala MAN 1 Jombang dan MAN 1 Kota Kediri merupakan salah satu aspek penting yang mampu menjadi pemimpin untuk bawahan demi terwujudnya madrasah yang memiliki progam keterampilan dan sangat berperan dalam pelaksanaan pengembangan life skill peserta didik Sehingga madrasah memberi fasilitas lebih kepada siswa yang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Sehingga alumnusnya siap bekerja dan mendirikan usaha mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan life skill peserta didik dengan 3 fokus penelitian yaitu pertama, Bagaimana kepala madrasah menggerakkan bawahan. Kedua, bagaimana kepala madrasah mempengaruhi bawahan. Ketiga, bagaimana kepala madrasah memberdayakan bawahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan penelitian multisitus melalui teknik pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, dokumentasi dan observasi penulis secara mendalam agar dapat menjabarkan temuan secara detail dan komprehensif temuan-temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan life skill peserta didik dapat tercapai berdasarkan temuan analisis lintas situs yaitu Pertama, kepala madrasah menggerakkan bawahan dalam pengembangan life skill peserta didik akan terwujud jika kepala madrasah memberikan job deskripsi dengan memilih guru yang berkompeten serta melakukan komunikasi kepada bawahan Kedua, kepala madarasah mempengaruhi bawahan dalam pengembangan life skill peserta didik akan terlaksana dengan melakukan pendekatan disertai progam kegiatan dan rancangan jangka panjang, menengah dan pendek serta memberikan motivasi kepada bawahan. Ketiga, kepala madrasah memberdayakan bawahan dalam pengembangan life skill peserta didik akan terwujud dengan mengikutisertakan bawahan dalam pelatihan, worshop, studi banding dan melakukan kerjasama untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi melalui sarana prasarana yang telah disediakan. Sehingga, berdasarkan penjelasan tersebut kepemimpinan kepala madrasah memiliki banyak persamaan ketika memimpin bawahan dalam aspek menggerakkan, mempengaruhi dan memberdayakan bawahan. Akan tetapi dalam hal perbedaanya kepala MAN 1 Jombang dalam pengembangan life skill masih dalam tahap proses untuk membangun bawahan agar dapat bekerja dengan baik melalui progam-progam yang telah dibuat, berbeda dengan kepala MAN 1 Kota Kediri yang cenderung dalam tahap lebih maju karena memang pengembangan life skill sudah terlaksana dengan baik dan cukup lama serta ,menjadi madrasah percontohan dalam bidang keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Fathoni
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:08
Last Modified: 04 Apr 2022 02:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4026

Actions (login required)

View Item View Item