Ma'arif, Alfan (2021) المجاز في سورة الرحمن وعلاقته في تعليم البلاغة. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932505617_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932505617_bab1.pdf Download (904kB) |
|
Text
932505617_bab2.pdf Download (135kB) |
|
Text
932505617_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
932505617_bab4.pdf Download (299kB) |
|
Text
932505617_bab5.pdf Download (142kB) |
|
Text
932505617_daftarpustaka.pdf Download (325kB) |
Abstract
Ilmu balaghoh merupakan salah satu cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari kaidah-kaidah mengenai gaya bahasa untuk digunakan dalam pembicaraan dan tulisan. Balaghoh merupakan materi yang sangat sulit untuk dipelajari, karena disamping materinya yang sangat banyak para pelajar harus mempelajari ilmu alat terlebih dahulu sebelum mempelajari balaghoh. Karena hal tersebut penulis berupaya mengupas lebih dalam mengena balaghoh. Peneliti memiliki empat rumusan masalah sebagaimana berikut: 1) Ayat-Ayat yang mengandung unsur majaz dalam surat Ar-Rahman ? 2) Apa saja unsur majaz yang terdapat dalam surat Ar-Rahman? 3) Apa tujuan ilmu majaz dalam surat ArRahman? 4) Bagaimana hubungannya analisis ilmu majaz dalam surat Ar-Rahman dalam pembelajaran balaghoh? Penelitian ini termasuk studi kepustakaan dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik penguوmpulan data dokumentasi, membaca, menelaah dan mencatat. Sumber data adalah Al-Qur’an surat Ar-Rahman dan beberapa kitab pendukung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Ayat-Ayat dalam surat ar-rahman yang mengandung unsur majaz yaitu terdapat pada ayat 5, 6, 29, 46, 56, 58, 35, 22, 27, 7, 31. 2. Unsur-Unsur majaz yang terdapat di dalam Surat Ar-Rahman diantaranya: 1) maja aqli (ayat 5), 2) majaz mursal (ayat 6, ayat29, ayat 46, ayat 56 dan ayat 58), 3) majaz istiaroh (ayat 35), 4) majaz istiaroh tasrihiyah (ayat 22 dan 27), 5) majaz istiaroh asliyah (ayat 7), 6) majaz istiaroh tamtsiliyah (ayat 31). 3. Diantara tujuan majaz dalam Surat Ar-Rahman diantaranya yaitu: Memperluas makna lafadz, Memberikan kesenangan imajinatif tentang makna dan Meringkas suatu makna yang dimaksud. 4. Hubungannya analisis dalam pembelajaran balaghoh yaitu: 1)Menambah dan memperkuat tamrinat yang menjelaskan tentang balaghoh, 2)Jenis-Jenis latihan dalam tahlil menganalisis teks berupa ayat AlQur’an, 3) Tamrinat yang berjenis tahlil memiliki hubungannya dengan pengajaran balaghoh secara induktif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040908 'Ilmu al-Uslub (Arabic Stylistics) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Alfan Maarif |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 05:37 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 01:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4019 |
Actions (login required)
View Item |