Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMAN 1 Plemahan

Nimasari, Luvita Pramudya (2021) Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMAN 1 Plemahan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932402117_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932402117_bab1.pdf

Download (525kB)
[img] Text
932402117_bab2.pdf

Download (655kB)
[img] Text
932402117_bab3.pdf

Download (408kB)
[img] Text
932402117_bab4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932402117_bab5.pdf

Download (525kB)
[img] Text
932402117_bab6.pdf

Download (395kB)
[img] Text
932402117_daftarpustaka.pdf

Download (504kB)
[img] Text
932402117_lampiran.pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perkembangan zaman yang sangat pesat. Selain itu lemabaga pendidikan ditutut untuk menghasilkan output atau lulusan yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam mengatasi tuntutan untuk menhasilkan output yang bermutu tersebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen peserta didik dan meningkatkan kualitas sekolah. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui mengenai manajmen peserta didik dari analisis kebutuhan peserta didik hingga kelulusan dan alumni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan memuat gambaran yang sistematis dan faktual serta analisisnya dilakukan melalui tiga jalur yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan manajemen peserta didik di Ssman 1 Plemahan dilakukan dengan baik. dalam analisis daya tampung sekolah mampu menampung 340 peserta didik, dalam proses rekruitmen peserta didik baru sekolah menganut pada juknis pusat dan perekruitan dilakukan secara online. Proses seleksi dilakukan dengan menganut pada juknis pusat provinsi jawa itmur yang sudah ada ketentuan bahwa terdapat 3 tahap yakni jalur afirmasi, prestasi nilai akademik dan zonasi. Pelasanaan orientasi atau MPLS secara daring dilakukan dalam 4 hari untuk pengenalan lingkungan sekolah. Penempatan peserta didik baru dalam penempatan program belajar sekolah melakukan test IQ, test penjurusan dan nilai dari asal sekolah. Pembinaan dan pengembangan peserta didik baru dilakuakn dengan memberikan pembinaan kedisiplinan dilihat dari tugas belajar yang teratur, ulanagn teratur menandakan bahwa peserta didik sudah ada kedisiplinana belajar. Kemudian utnuk pengembanagn, sekolaha mneydiakan berbagai macam ekstrakulikuler yang bisa diikuti peserta didik untuk mengembnagkan bakat. Dalam hal pencatatn dan pealporan, sekolah melakukan pencatatn dan pelaporan dilakukan satu tahun ajaran dengan menggunakna buku indik, klepper dan buku presensi. Unutk kelulusan dan alummni,peserta didik dapat dikatakan lulus jika telah menyelesaikan selurih mata pelajaran, menyelesaikan administrasi dan dinyatakan lulusa dari ujian nasional dan pada alumni belum ada ikatan resmi anggota alummni sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Mar 2022 02:23
Last Modified: 24 Mar 2022 02:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item