Mahmudi, Enggar Bagus Imam (2021) Pola Asuh Orang Tua Anak Tuna Grahita di SLB-C Dharma Wanita Pare. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933413214_prabab.pdf Download (312kB) |
|
Text
933413214_bab1.pdf Download (150kB) |
|
Text
933413214_bab2.pdf Download (193kB) |
|
Text
933413214_bab3.pdf Download (123kB) |
|
Text
933413214_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
Text
933413214_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
933413214_bab6.pdf Download (78kB) |
|
Text
933413214_daftarpustaka.pdf Download (409kB) |
|
Text
933413214_suratpernyataan.pdf Download (93kB) |
Abstract
Tunagrahita adalah anak-anak yang memiliki tingkat kecerdasan jauh dibawah anakanak dengan tingkat kecerdasan normal sehingga membutuhkan pelayanan pendidikan khusus. Kecerdasan jauh dibawah normal ini diukur dari kecerdasan rata-rata anak sesuai dengan usia biologis mereka. Tunagrahita itu sendiri disebabkan karena masalah gizi buruk yang menjadikan penyebab retradasi mental yang turun temurun. Seperti halnya yang dialami oleh anak-anak yang bersekolah di SLB-C Dharma Wanita Pare ini mereka semua termasuk kedalam klasifikasi anak tunagrahita Salah satu yang menjadi penyebab tunagrahita tersebut adalah masalah pada saat proses kehamilan, selama dalam proses kehamilan kebanyakan orang tua kurang mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi, terlebih bilamana keadaan orangtua kurang berada, seiring berjalan nya usia anak, pola asuh yang diterapkan orang tua anak Tuna Grahita juga berbeda-beda hal inilah yang nantinya akan berdampak kepada perkembangan sosial anak di lingkungan nya, baik lingkungan sekolah maupun sosial. Berdasarkan dari latar belakang diatas maka peneliti dapat merumuskan masalahnya antara lain:1. Bagaimana Pola Asuh Orang Tua Anak Penyandang Tuna Grahita di SLB-C Dharma Wanita Pare ? 2.Apa Kendala dan Solusi Pengasuhan Anak Penyandang Tuna Grahita di SLB-C Dharma Wanita Pare ? Pendekatan yang diambil dari penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan konsep Milles dan Huberman, suatu analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan terakhir pengecekan keabsahan temuan yaitu dengan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Gambaran pola asuh orang tua terhadap anak tunagrahita di SLB-C Dharma Wanita adalah dalam memberikan pengasuhan yang baik keluarga berperan untuk menerapkan peran demokratis yaitu memahami kebutuhan anak dengan cara dilatih dan dibimbing. 2. Kendala dan solusi penerapan pola asuh yang dilakukan orang tua terhadap anak Tunagrahita di SLB-C Dharma Wanita Pare, antara lain: Kendala-kendala yang dialamai diantaranya : Orang tua tidak bisa memenuhi semua kebutuhan anaknya dikarenakan keterbatasan ekonomi, karena rata-rata pekerjaan mereka adalah petani. Pola asuh anak Tunagrahita berbeda dengan pola asuh anak biasa pada umumnya, dikarenakan keterbatasan penyerapan informasi yang diterima anak Tunagrahita Solusi penerapan pola asuh yang dilakukan orang tua terhadap anak Tunagrahita di SLB-C Dhrama Wanta Pare, antara lain : Para orang tua anak penyandang Tunagrahita tetap berusaha memberikan yang terbaik kepada putra-putrinya walaupun dalam keterbatasan keadaan ekonomi mereka. Kepala Sekolah juga mengadakan penyuluhan-penyuluhan dan juga Workshop kepada keluarga Tunagrahita tentang bagaimana cara menghadapi anak Tunagrahita, cara mengasuh dan merawat mereka dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Enggar Bagus Imam Mahdi |
Date Deposited: | 24 Mar 2022 02:00 |
Last Modified: | 24 Mar 2022 02:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3943 |
Actions (login required)
View Item |