Implementasi E-Learning Madrasah Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di MTsN 3 Nganjuk

Nadhirin, Ana Ulin (2021) Implementasi E-Learning Madrasah Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran Di MTsN 3 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932401217_prabab.pdf

Download (932kB)
[img] Text
932401217_bab1.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932401217_bab2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
932401217_bab3.pdf

Download (298kB)
[img] Text
932401217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932401217_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
932401217_bab6.pdf

Download (107kB)
[img] Text
932401217_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
932401217_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

E-Learning Madrasah merupakan inovasi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diluncurkan oleh KSKK Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. Menanggapi situasi yang terjadi saat ini, pemerintah menerbitkan Surat Edaran bernomor 36962/MPK.A/HK/2020 mengenai pembelajaran secara daring serta bekerja dari rumah dalam rangka menghindari penyebaran Covid-19. Untuk menjamin kualitas belajar dari rumah, Mendikbud kembali mengeluarkan SE Mendikbud 4/2020, yang memuat pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 dan juga prosedur belajar dari rumah. Isi dari SE Mendikbud 4/2020 seputar tentang fokus belajar dari rumah, aktivitas dan tugas pembelajaran dari rumah, serta peran guru dalam memberikan umpan balik pembelajaran. Dalam pembelajaran jarak jauh dalam jaringan, MTsN 3 Nganjuk memilih E-Learning Madrasah sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi E-Learning Madrasah sebagai media pembelajaran di MTsN 3 Nganjuk ditinjau dari kebijakan, Sumber Daya Manusia (SDM), materi/bahan ajar, dan infrastruktur, dan juga untuk mengetahui dampak E-Learning Madrasah sebagai media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran di MTsN 3 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan memperoleh sumber data langsung dari kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum, operator madrasah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa MTsN 3 Nganjuk, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam praktiknya, implementasi E-Learning Madrasah sebagai media pembelajaran di MTsN 3 Nganjuk sudah sepenuhnya menerapkan E-Learning Madrasah dengan baik dalam pembelajaran. Penerapan E-Learning Madrasah didukung dengan kebijakan dari Kementerian Agama Nomor B744/DJ.I/DT.I.I/PP.00/04/2020 tentang pemanfaatan E-Learning Madrasah. Disamping itu, sumber daya manusia sudah menggunakan E-Learning Madrasah dalam kegiatan pembelajaran. Materi dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran juga bervariasi, dan infrastruktur untuk pembelajaran E-Learning Madrasah juga tersedia. Dampak implementasi E-Learning Madrasah sebagai media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran di MTsN 3 Nganjuk yaitu kemudahan dalam kegiatan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 23 Mar 2022 03:50
Last Modified: 23 Mar 2022 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3937

Actions (login required)

View Item View Item