Manajemen Perubahan Pada Pondok Pesantren : Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar

Bakti, Karya Imam (2021) Manajemen Perubahan Pada Pondok Pesantren : Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400819010_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92400819010_bab1.pdf

Download (207kB)
[img] Text
92400819010_bab2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
92400819010_bab3.pdf

Download (227kB)
[img] Text
92400819010_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
92400819010_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
92400819010_bab6.pdf

Download (48kB)
[img] Text
92400819010_daftarpustaka.pdf

Download (148kB)
[img] Text
92400819010_suratpernyataan.pdf

Download (374kB)

Abstract

ABSTRAK KARYA BAKTI, IMAM 2021, Manajemen Perubahan Pada Pondok Pesantren Studi Kasus Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing Dr. Mukhammad. Abdullah, M.Ag dan Dr. Hj. Munifah, M.Pd Kata Kunci: manajemen, perubahan, pondok pesantren Manajemen perubahan merupakan proses yang secara continue memperbaharui arah, struktur, dan kemampuan organisasi dalam merespon kebutuhan perubahan, baik itu karena tuntutan internal maupun eksternal organisasi. Pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar sebagai organisasi pendidikan juga terus melakukan perubahan, ini untuk menjawab tantangan modernisasi dan tuntutan akan peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam. Pondok pesantren Nurul Ulum menarik untuk diteliti karena sebagai pondok salaf yang cenderung tradisional telah berhasil mengelola perubahan baik. Bahkan saat ini pondok ini telah dikelola secara modern. Dengan meneliti di pondok pesantren ini peneliti berharap dapat menyampaikan hasil pembelajaran bagi lembaga pendidikan Islam lainya serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan Ilmu manajemen pendidikan Islam dimasa sekarang dan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan proses unfreezing di pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar, 2) Untuk mendiskripsikan proses changing perubahan di pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar, 3) Untuk mendiskripsikan proses refreezing di pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menempatkan peneliti sebagai subjek penelitian, objek penelitian dipilih beberapa orang yang memiliki peran penting di pesantren. Objek penelitian lainya adalah beberapa potensi data serta informasi yang menunjukan proses perubahan. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis struktur, analisis komponensial, analisis kawasan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan memperpanjang keberadaan peneliti di lapangan serta memperdalam temuan dengan triangulasi dan pengecekan pada objek penelitian. Hasil penelitian dilaporkan secara deskriptif disertai komparasi teori-teori dari para ahli yang relewan. Hasil penelitian diketahui bahwa jenis perubahan di pondok pesantren Nurul Ulum Kota Blitar merupakan perubahan yang direncanakan melalui Fase unfreezing, changing dan refreezing. Fase unfreezing dimulai melalui proses penyadaran kepada para pengurus pondok tentang perlunya perubahan dengan cara meningkatkan dukungan perubahan driving forces dan melemahkan resistance of change resistensi perubahan. Fase changing dimulai dari perubahan cara bekerja warga pondok pesantren yang meninggalkan cara lama dalam bekerja menuju cara baru yang lebih baik. Fase unfreezing dilaksanakan dengan membekukan hasil-hasil perubahan dengan menetapkanya mejadi sebuah ketetapan yang dibakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Imam Karya Bakti
Date Deposited: 23 Mar 2022 04:20
Last Modified: 23 Mar 2022 04:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3931

Actions (login required)

View Item View Item