Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Kitab Uqudullujain Pada Alumni Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo Kediri

Anwar, Khoirul (2021) Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Kitab Uqudullujain Pada Alumni Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Lirboyo Kediri. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619013_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101619013_bab1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
931327315_bab2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
931327315_bab3.pdf

Download (589kB)
[img] Text
92101619013_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
92101619013_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text
92101619013_bab6.pdf

Download (74kB)
[img] Text
92101619013_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
92101619013_suratpernyataan.pdf

Download (325kB)

Abstract

Keluarga dan pendidikan dua pokok yang saling berkaitan, orang yang mempunyai pendidikan akan terlihat dari cara gaya hidupnya yang menunjukan sifat-sifat seta ilmu sedangkan keluarga tempat naungan yang di dalamnya terdapat ayah, ibu dan anak dan kerabat sebagai tempat utama dalam mengembangkan pendidikan istri dan anak menuju kehidupan yang lebih baik. Untuk memunculkan sikap tersebut perlu adanya, mendidik keluarga secara, harmonis, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Pada kitab uqudul lujain, yang bertujuan untuk mendidik keluarga, di arahkan,tentang pemahaman, atau implementasi, alumni pondok pesantren hidayatul mubtadi’in yang pernah belajar kitab uqudul lujiain untuk menghendaki keharmonisan dalam rumah tangga yang mendasarkan pada alqur an dan hadis.adapun fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana pemahaman alumni pesantren hidayatul mubtadi’in tentang pendidikan dalam kitab uqudul lujain.2) bagaimna urgensi pendidikan keluarga dalam kitab uqudul lujain bagi alumni pesantren hidayatul mubtadi’in lirboyo kediri. Metode pernelitian yang di gunakan adalah metode, kualitatif dengan menggunakan pendekatana study kasus penelitian ini di lakukan pada alumni pondok prsantren lerboyo kediri sebagai obyeknya alumni pesantren lirboyo sumber data dalam penelitian ini adalah alumni pesantren lirboyo pesantren lirboyo , dan dokumensi pesantren lirboyo teknik pengumpulan dayta menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi anlisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan dat menggunkan teknik perpanjangan ikut sertaan ketekunan dan keajengan pengamatan serta trianggulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) pada kitab uqudul lujain, dan kepada alumni pesantren lirboyo, memuat pendidikan keluarga, yang tergolong berupa teori-teori menyangkut pendidikan keluarga, diantranya mendapat hasil dari penelitian. 1) pemahaman pendidikan alumni pesantren lirboyo tentang pendidikan keluaraga ada empat aspek: a. uqudul lujain sebagai penunjang untuk mendidik keluaraga secara harmonis, b. kitab uqudul lujain, membentuk sikap reliqius dalam keluaraga, c. menanamkan sikap tanggung jawab, d. orang tua menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak.1) urgensi pendidikan keluarga dalam kitab uqudul lujain di era moderen. a. meminimalisir budaya-budaya buruk di era moderen.b. mendidik keluarga secara lembut.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Anwar
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:12
Last Modified: 16 Mar 2022 03:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item View Item