Etika Pendidikan Islam (Studi Komparatif Syekh Al-Zarnuji Dan Kh.Hasyim Asy'ari)

Jauhari, Achmad Lutfi (2021) Etika Pendidikan Islam (Studi Komparatif Syekh Al-Zarnuji Dan Kh.Hasyim Asy'ari). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932137615_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932137615_bab1.pdf

Download (572kB)
[img] Text
932137615_bab2.pdf

Download (711kB)
[img] Text
932137615_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img] Text
932137615_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
932137615_bab5.pdf

Download (488kB)
[img] Text
932137615_daftarpustaka.pdf

Download (508kB)
[img] Text
932137615_suratpernyataan.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian yang berupa skripsi ini mengemukakan pemikiran Syekh Al Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari tentang etika pendidikan Islam. Penelitian ini berangkat dari sering bermunculannya konflik antara guru dan murid yang ternyata dasar utamanya adanya kurangnya etika antara murid dan guru. Sehingga muncul kesalah pahaman antara keduanya. Dalam tulisan ini peneliti mencoba mengkomparasikan dua tokoh yang memberiakn kajian khusus tentang etika pendidikan Islam dalam karya tulis mereka yaitu Syekh Al Zarnuji Dan Kh. Hasyim Asy’ari. Adapun yang menjadi fokus penelitin disini yaitu 1). Bagaimana etika pendidikan Islam dalam perspektif Syekh Al-Zarnuji , 2). Bagaimana etika pendidikan Islam dalam perspektif KH. Hasyim Asy’ari, dan 3). Bagaimana persamaan dan perbedaan etika pendidikan Islam dalam perspektif Syekh Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari. Metode penelitian atau pendekatan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kepustakaan. Sumber data dalam penelitian kepustakaan ini, ada dua macam, yakni sumber data primer dan sekunder. Kitab yang penelitigunakan yaitu “Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allimin” karangan dari KH. Hasyim Asy’ari dan Ta’lim Muta’allim karangan dari Syekh Al-Zarnuji. Metode analisi yang peneliti gunakan yaitu Metode analisis deskriptif. Hasil analisis penelitian yang peneliti peroleh yaitu 1). Zarnuji ketika berbicara etika pendidikan di dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim secara umum membicarakan tentang konsep pendidikan Islam yang mencakup: tujuan pendidikan, pendidik, pelajar, alat pendidikan, lingkungan pendidikan, serta metode belajar yang berorientasi pada etika Islam. Konsep etika dalam pendidikan Islam tersebut dijabarkan ke dalam tiga belas bab atau pasal, 2). KH. Hasyim Asy’ari ketika berbicara tentang konsep etika pendidikan Islam, beliau mengelompokannya menjadi 3 bagian diantaranya yaitu: a). Etika Bagi Pelajar, yaitu dalam proses mencari ilmu seorang pelajar harus menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat merusak hati dan pikiran. b). Etika Pelajar terhadap Guru, yaitu seorang pelajar harus benar-benar pandai dalam mencari hati guru harus membuat guru nyaman mengajar c). Etika guru terhadap pelajar, yaitu seorang guru harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi kepada muridnya dalam meberikan ilmu. 3). Persamaan dan perbedaan etika pendidikan Islam dalam perspektif Syekh Al-Zarnuji dan KH. Hasyim Asy’ari. Persamaannya terletak pada konsep pendidkan etiak antara murid dan guru juga guru dan murid yaitu, seorang guru harus memiliki rasa tanggung jawab dalam memberikan ilmu atau mengajar. Sedangkan perbedaannya terletak pada sistematis pembahasannya. Zarnuji lebih kepada pembahasan secara umum yaitu dengan menjadikan satu dalam 13 pasal. Sedangkan KH. Hasyim Asy’ari membedakan pembahasa antara etika guru dan murid.”

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Lutfi Jauhari
Date Deposited: 17 Mar 2022 05:08
Last Modified: 17 Mar 2022 05:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item View Item