Analisis Penerapan Kurikulum Materi Fiqh Pada Jenjang Madrasah Tsanawiyah Negeri Persfektif KMA 183 Dan 184 Tahun 2019 Di Kabupaten Jombang

Kamali, Ahmad Faiz (2021) Analisis Penerapan Kurikulum Materi Fiqh Pada Jenjang Madrasah Tsanawiyah Negeri Persfektif KMA 183 Dan 184 Tahun 2019 Di Kabupaten Jombang. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101619003_prabab.pdf

Download (931kB)
[img] Text
92101619003_bab1.pdf

Download (686kB)
[img] Text
92101619003_bab2.pdf

Download (794kB)
[img] Text
92101619003_bab3.pdf

Download (356kB)
[img] Text
92101619003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
92101619003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101619003_bab6.pdf

Download (200kB)
[img] Text
92101619003_daftarpustaka.pdf

Download (330kB)
[img] Text
92101619003_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitin dengan objek Penerapan kurikulum Madrasah Tsanawiyah pada Kabupaten Jombangini dilatarbelakangi oleh bergantinya Kurikulum KMA 165 ke 183 dan 184, dimana ada beberapa metode maupun kompetensi yang agaknya dirubah seiring dengan perkembangan zaman. Selain tu dalam metode penerapan tersebut masih terjadi beberapa konflik tentang perbedaan implementasi antara KMA 165 dengan KMA 183 dan 184 dalam segi nternalisasi materi, dimana internalisasi materi tersebut dirasa belum tersampaikan secara penuh. Sehingga pengaplikasian pada jenjang Madrasah Tsanawiyah belum mencapai tujuan dari KMA 183 dan 184 pada jenjang Tsanawiyah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Jombang. Teknik penentuan nforman menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dilakukan minimal satu bulan sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di mulai. Hal tu didasarkan beberapa sebab diantaranya Pertama, hasil analisis dari silabus pembelajaran pada Kompetensi Dasar sesuai dengan KMA 183 dan 184 Tahun 2019. Kedua dentifikasi mengenai materi pembelajaran dengan menggunakan Saintific Approach dalam mempertimbangkan beberapa aspek yakni potensi siswa, kebutuhan dan tuntutan lingkungan siswa, perkembangan fisik, ntelektual, sosial emosional dan spiritual siswa, potensi kemanfaatan materi untuk peserta didik, alokasi waktu. Ketiga,Pengembangan Rencana Pembelajaran yang mengedepankan implementasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019 melalui pendekatan Saintifik Approach di Lingkup MTsN di Kabupaten Jombang dengan dalam ranah Metakognitif. (2) Dalam Penerapan implementasi KMA 183 dan 184 Tahun 2019 masing-masing Lembaga Pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode nquiry learning, Discocery kearning dan PBS yang telah masuk dalam KMA 184. Langkah-langkah pendekatan yang dipakai adalah melalui metode Saintifik Approach dengan menekankan aspek Kognitif, Afektif, Psikomotorik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:51
Last Modified: 04 Mar 2022 02:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3679

Actions (login required)

View Item View Item