Model Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Teknologi Digital (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang)

Umam, A. Mufid Khoirul (2021) Model Pembelajaran Kitab Kuning Berbasis Teknologi Digital (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Unggulan KH. Abdul Wahab Hasbulloh Bahrul Ulum Tambakberas Jombang). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101519001_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
92101519001_bab1.pdf

Download (382kB)
[img] Text
92101519001_bab2.pdf

Download (676kB)
[img] Text
92101519001_bab3.pdf

Download (276kB)
[img] Text
92101519001_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text
92101519001_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
92101519001_bab6.pdf

Download (238kB)
[img] Text
92101519001_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
92101519001_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, generasi muda khususnya pelajar diharapkan mampu beradaptasi dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini yang sudah relatif canggih. Salah satu upaya dalam Pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni mengintegrasikan antara materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan nilai-nilai keagamaan yang terkandung pada kitab kuning yang dikoneksikan melalui teknologi digital. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mendeskripsikan Mengapa Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbulloh di kelas Ilmu-ilmu Agama Program Khusus digital di pembelajaran kitab kuning menggunakan basis teknologi digital. 2. Untuk mendeskripsikan Bagaimana Implementasi model pembelajaran kitab kuning berbasis teknologi digital di Kelas Ilmu-ilmu Agama Program Khusus Digital Madrasah Aliyah Unggulan Wahab Hasbulloh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Kehadiran peneliti mutlak sebagai observasi partisipan. yang dalam pemerolehan data diperoleh antara lain dari: Hasil observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pihak-pihak terkait mulai dari Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Dewan Guru yang meliputi: data tentang kebijakan dan alasan madrasah dalam penyelenggaraan kelas khusus digital dan data implementasi pembelajaran kitab kuning yang berbasis teknologi digital. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Bahwa dalam upaya menjadikan madrasah yang kemampuan keilmuan IPTAQ dan IPTEK peserta didik seimbang maka perlu adanya pengembangan regulasi madrasah yang sebagaimana berikut: a. Menciptakan nuansa pendidikan formal pondok pesantren yang profesional dengan mengintegrasikan ilmu keagamaan dan teknologi “al-Muhafadhah „Ala al-Qadim al- Ashlal Wa al-Akhdzu Bi alJadid as-Sholih.” b. Sebagai akselerasi perwujudan visi dan misi madrasah yang diorientasikan dapat mencetak lulusan yang siap terjun dimasyarakat dengan bekal nilai-nilai keislaman yang baik dan ditunjang ilmu teknologi yang signifikan sesuai visi nasionalnya ulama‟ intelektual. c. Menjadikan ciri khas madrasah yang terdapat inisial Unggulan dan adiwiyata yang mana ini menjadi salah satu alternatif kebijakan madrasah dalam mengupayakan dan meningkatkan kompetensi pembelajaran yang berbasis teknologi digital di Kelas Ilmu-ilmu Agama Program Khusus Digital. 2. Bahwa untuk mampu mengimplemantasikan model pembelajaran kitab kuning berbasis teknologi digital ini dilatar belakangi dengan inovasi model pembelajaran ADDIE sebagaimana berikut. Pertama: Analysis dan design yakni tahap analisis materi pembelajaran dan pemilihan penggunaan media pembelajaran yang kedua hal tesebut sebagai langkah awal dalam kegiatan pendahuluan pembelajaran. Kedua: develop dan implementation yakni tahapan pelaksanaan dalam kegiatan inti yang didalamnya terdapat beberapa cakupan yang harus terrealisasikan meliputi: Silabus, RPP, Model pembelajaran, dan Media yang digunakan. ketiga: evalution yakni guru melaksanakan evaluasi pembelajaran yang telah guru sampaikan kepada peserta didik dalam hal ini pelaksanaan evaluasi menggunakan ujian berbasis teknologi (CBT) baik dalam evalusi Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS)

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 02:17
Last Modified: 04 Mar 2022 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item