A'yunin, Etika Qurrotu (2021) Metode Pendidikan Ruhani Menurut Badiuzzaman Said Nursi. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92101117006_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92101117006_bab1.pdf Download (225kB) |
|
Text
92101117006_bab2.pdf Download (778kB) |
|
Text
92101117006_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
|
Text
92101117006_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text
92101117006_bab5.pdf Download (92kB) |
|
Text
92101117006_daftarpustaka.pdf Download (204kB) |
|
Text
92101117006_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
Abstract
Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial yang cukup menghawatirkan. Dalam konteks sosial saat ini muncul beragam masalah seperti demoralisasi, kriminalitas, permisivisme, dan deislamisme. Maka dari itu pendidikan dituntut memiliki peran vital memecahkan masalah tersebut karena pendidikan masih dianggap sebagai leading sector untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Khususnya pendidikan ruhani memiliki pengaruh-pengaruh terhadap pembentukan kepribadian manusia paripurna, mempersiapkan peserta didik yang ideal dan berakhlak mulia (insa>n ka>mil) dan berkontribusi dalam menciptakan tatanan kehidupan bangsa yang berperadaban, terutama di Indonesia sebagai negara mayoritas muslim. Adapun tokoh yang berpengaruh besar dalam pemikiran pendidikan Islam yaitu Badiuzzaman Said Nursi (1877 M – 1960 M) melalui karyanya Risalah Nur. Kiprah Said Nursi sebagai pembaharu pendidikan mampu mereformasi sistem pendidikan di Turki dengan suatu pemikiran dan sumbangsih supaya dapat menguasai agama dan sains secara keseluruhan terintegrasi bukan dikotomi. Fokus penelitian ini adalah: Apa pemikiran Badiuzzaman Said Nursi tentang pendidikan ruhani? Bagaimana implikasi metode pendidikan ruhani Badiuzzaman Said Nursi terhadap pendidikan karakter di Indonesia saat ini? Metode penulisannya yaitu: content analisis, melalui jenis penelitian studi pustaka. Dengan teknik deduksi, teknik induksi, dan teknik content analisis. Penulis menggunakan sumber utama pemikiran Said Nursidan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan tema kajian ini. Hasil penelitian ini disimpulkan Metode pendidikan rohani adalah menjadi pribadi yang mampu meneladani akhlak Rasulullah saw dengan akhlak karimah serta mampu bermu’asyarah (menjalin hubungan) dengan baik kepada manusia, alam semesta dan Allah. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan menguatkan keimanan, berpegang teguh pada al-Qur’an, memahami alam semesta, dan mampu meneladani nabi Muhammad Saw. Menurut pandangan Nursi, kerohanian seseorang dapat tergerak dan terus hidup melalui jalan zikir kepada Allah dan tafakur yang terus-menerus. Aktifitas tersebut akan dapat melenyapkan kemurungan, ketakutan dan rasa keterasingan yang dahsyat yang dirasakan oleh setiap jiwa manusia. Badiuzzaman Said Nursi memberikan gagasan bahwa relevansi memadukan tiga unsur utama pendidikan pada zaman modern ini tidak dapat ditawar lagi, ahli sains saat ini seyogyanya mendalami keilmuan agama dan begitupun para ulama harus juga mengembangkan keilmuan sains modern dan teknologi dengan balutan akhlak Qurani.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 04 Mar 2022 01:56 |
Last Modified: | 04 Mar 2022 01:56 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3669 |
Actions (login required)
View Item |