Internalisasi Nilai Karakter Pada Siswa Melalui Budaya Sekolah Di SDI Miftahul Huda Keringan Nganjuk

Rohmah, Binti Nurlaila (2021) Internalisasi Nilai Karakter Pada Siswa Melalui Budaya Sekolah Di SDI Miftahul Huda Keringan Nganjuk. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92101117003_prabab.pdf

Download (641kB)
[img] Text
92101117003_bab1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
92101117003_bab2.pdf

Download (706kB)
[img] Text
92101117003_bab3.pdf

Download (241kB)
[img] Text
92101117003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92101117003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
92101117003_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
92101117003_daftarpustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text
92101117003_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

Internalisasi nilai karakter pada siswa melalui budaya sekolah merupakan suatu upaya untuk mentransformasikan nilai-nilai luhur dan pengetahuan yang menentukan pola berpikir dan berperilaku anak yang sesuai dengan norma-norma yang diyakini dan dimiliki masyarakat, sehingga kepribadian anak akan terbentuk sesuai dengan akar budaya dengan merespon perubahan di masyarakat. Fokus penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai karakter religius, jujur, disiplin, dan tanggung jawab siswa melalui budaya sekolah di SDI Miftahul Huda Keringan Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Teknik analisa data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, kurikulum yang diterapkan di SDI Miftahul Huda yaitu dengan mengintegrasikan kurikulum nasional dan internasional dengan mengutamakan pendidikan karakter pada siswa. Pengintegrasian nilai karakter siswa melalui kurikulum sekolah dengan kegiatan pengembangan diri yaitu kegiatan rutin dan kegiatan spontan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Kedua, tujuan internalisasi nilai karakter pada siswa melalui budaya sekolah di SDI Miftahul Huda adalah menjadikan siswa berkarakter mulia, merubah siswa menjadi lebih baik dalam pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang diwujudkan dengan perilaku baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar. Ketiga, strategi dalam menginternalisasikan nilai karakter pada siswa melalui budaya sekolah di SDI Miftahul Huda yaitu melalui keteladanan (modeling), pengajaran (teaching), penguatan (reinforcing). Keempat, evaluasi terhadap program internalisasi nilai karakter pada siswa melalui budaya sekolah yaitu dilakukannya penilaian berupa analisis siswa yang dibuat oleh masingmasing wali kelas berdasarkan red coin (sikap/perilaku dalam kegiatan pembelajaran) dan green coin (keaktifan dalam kegiatan keagamaan) yang kumpulkan siswa disetiap harinya, untuk mengetahui perkembangan sikap/perilaku siswa di setiap semester.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 04 Mar 2022 01:51
Last Modified: 04 Mar 2022 01:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item