Model Evaluasi Kurikulum 2013 Di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang Dengan Pendekatan Logic

Winarti, Ika (2021) Model Evaluasi Kurikulum 2013 Di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang Dengan Pendekatan Logic. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
92400719003_prabab.pdf

Download (416kB)
[img] Text
92400719003_bab1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
92400719003_bab2.pdf

Download (351kB)
[img] Text
92400719003_bab3.pdf

Download (389kB)
[img] Text
92400719003_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
92400719003_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
92400719003_bab6.pdf

Download (152kB)
[img] Text
92400719003_daftarpustaka.pdf

Download (189kB)
[img] Text
92400719003_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang dengan pendekatan logic. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana evaluasi masukan kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang, (2) Bagaimana evaluasi proses kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang, (3) Bagaimana evaluasi output/produk kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang, (4) Bagaimana evaluasi outcomes kurikulum di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian evaluasi (evaluatif research) dengan model penelitian Logic Model. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam diverifikasikan dengan metode observasi partisipan dan metode dokumentasi. Langkah-langkah teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen input, secara umum implementasi program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang mengacu pada konsistensi terhadap kebijakan kurikulum 2013 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama serta dengan dukungan madrasah meliputi sarana dan prasarana, pendidik, manajemen dan kegiatan ekstrakurikuler, (2) Pada komponen proses, secara umum implementasi program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang dengan kategori terlaksana dengan baik yang dilakukan secara terstruktur. Model pengaplikasiannya sesuai dengan juknis yang ada dalam kurikulum 2013. Namun, setiap bapak/ibu guru mempunyai strategi masing-masing karena setiap mata pelajaran berbeda tetapi diaplikasikan secara kompleks atau menyeluruh (3) Pada komponen output, secara umum hasil/produk program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang menghasilkan rata-rata penilaian yang baik dapat dilihat bahwa, Peserta didik mengalami peningkatan pemahaman sesuai dengan kompetensi inti, Ketersediaan sarana dan prasarana sehingga mendukung program. (4) Secara umum outcome program kurikulum 2013 di MA Terpadu Kalimasada Plandaan Jombang menghasilkan rata-rata penilaian yang cukup baik, meskipun belum maksimal. Manfaat program kurikulum 2013 juga dilihat dari hasil pengamatan bahwa madrasah menghasilkan lulusan yang baik sesuai tuntutan masyarakat, pendidik merasakan peningkatan pemahaman tentang pengaplikasian kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 02 Mar 2022 01:54
Last Modified: 02 Mar 2022 01:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3650

Actions (login required)

View Item View Item