Abdillah, Mohamad Ali Asyad (2022) Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Tanaman Hutan Dan Buah-Buahan (Studi Kasus Di CV. Agro Bibit Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931347915_prabab.pdf Download (535kB) |
|
Text
931347915_bab1.pdf Download (235kB) |
|
Text
931347915_bab2.pdf Download (245kB) |
|
Text
931347915_bab3.pdf Download (118kB) |
|
Text
931347915_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Text
931347915_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Text
931347915_bab6.pdf Download (33kB) |
|
Text
931347915_daftarpustaka.pdf Download (36kB) |
|
Text
931347915_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
|
Text
931347915_suratpernyataan.pdf Download (114kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh setiap perusahaan memiliki strategi pemasaran yang berbeda dan setiap strategi yang digunakan mempunyai volume penjualan yang berbeda pula. Untuk itu perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar produsen bibit bisa meningkatkan volume penjualan dan otomatis jika volume penjualan meningkat maka penghasilan produsen juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Bibit Tanaman Hutan dan Buah-buahan pada CV. Agro Bibit Kabupaten Nganjuk. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana strategi pemasaran bibit tanaman hutan dan buah-buahan yang efektif dalam meningkatkan volume penjualan di CV. Agro Bibit. 2. Bagaimana kendala pemasaran bibit dalam meningkatkan volume penjualan di CV. Agro Bibit Kabupaten Nganjuk. 3. Bagaimana solusi mengatasi kendala pemasaran bibit dalam meningkatkan volume penjualan di CV. Agro Bibit Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang diperoleh yaitu semua unsur yang berhubungan dengan strategi produksi dan distribusi dalam meningkatkan volume penjualan bibit tanaman hutan dan buah-buahan, serta segala surat-surat dan dokumen yang didapat dari produsen bibit tersebut. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Strategi pemasaran bibit tanaman hutan dan buah-buahan yang efektif dalam meningkatkan volume penjualan di CV. Agro Bibit dilakukan dengan cara menggunakan pemasaran tradisional yaitu menunggu pembeli datang ke lokasi pembibitan mampu meningkatkan volume penjualan sebanyak 31%. Pemasaran secara online melalui toko online, facebook, website, shopee, tokopedia mampu meningkatkan volume penjualan sebanyak 42%. Sedangkan pemasaran secara sistem kontrak dengan reseller yang ada di luar pulau Jawa, kontrak dengan program pemerintah dalam pengadaan tanaman hutan mengalami penurunan volume penjualan sebanyak -9%. Jadi dari ketiga sistem pemasaran tersebut, sistem pemasaran tradisional dan sistem pemasaran online efektif dalam meningkatkan volume penjualan. Sedangkan untuk sistem pemasaran kontrak kurang efektif dalam meningkatkan volume penjualan pada CV. Agro Bibit Kabupaten Nganjuk. 2. Kendala pemasaran bibit dalam meningkatkan volume penjualan CV. Agro Bibit Nganjuk adalah: banyak kompetitor yang memasanag harga dengan tidak normal dan melakukan pengiriman tanaman dengan varian tidak valid atau berbeda dengan produk aslinya. Ongkos kirim naik sehingga minat pembeli online menurun, harga bahan dasar untuk pengemasan produk naik, bibit kering dan mati karena lamanya proses pengiriman. 3. Solusi mengatasi kendala pemasaran bibit dalam meningkatkan volume penjualan CV. Agro Bibit Nganjuk adalah: untuk pembeli yang merasa tidak yakin, pertama lakukan edukasi yang baik dan benar. Pembeli bias langsung ke tempat CV. Agro bibit. bibit tanaman dikirim sendiri dengan angkutan yang dimiliki, memilih jasa kirim yang paling cepat.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mohamad Ali Asyad Abdillah |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 01:45 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 01:45 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3638 |
Actions (login required)
View Item |