Nurjanah, Elok (2021) Perilaku Penjual Durian Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931315416_prabab.pdf Download (342kB) |
|
Text
931315416_bab1.pdf Download (262kB) |
|
Text
931315416_bab2.pdf Download (396kB) |
|
Text
931315416_bab3.pdf Download (246kB) |
|
Text
931315416_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text
931315416_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
931315416_bab6.pdf Download (159kB) |
|
Text
931315416_daftarpustaka.pdf Download (174kB) |
|
Text
931315416_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
931315416_suratpernyataan.pdf Download (251kB) |
Abstract
Penjual merupakan aspek yang sangat penting dalam transaksi jual beli. Selain sebagai penyedia kebutuhan bagi pembeli, penjual juga mencari keuntungan untuk melanjutkan usahanya. Perilaku seorang penjual harus sesuai dengan etika bisnis Islam yang berlaku agar tidak melanggar hukum syariat. Perilaku seorang penjual haruslah memenuhi prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam yakni prinsip kesatuan, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, prinsip tanggung jawab,serta prinsip kebenaran, kebajikan dan kejujuran. Pada konteks bisnis, termasuk sebagai niat, sikap dan perilaku yang benar yang meliputi proses transaksi (akad), proses mencari atau memperoleh komoditas pengembangan, serta proses menetapkan keuntungan. Dalam praktiknya pada jual beli haruslah tidak mengandung unsur riba, penipuan, kekerasan, pemaksaan, serta hal lain yang dapat menimbulkan kerugian dan penyesalan dari pihak lain. Seperti pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap perilaku penjual durian di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri yang kebanyakan menggunakan sistem ijon atau tebasan untuk memperoleh durian yang akan dijual, dimana praktik ini termasuk dalam jual beli yang dilarang serta melanggar prinsip etika bisnis Islam. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai: Perilaku Penjual Durian Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penjual dan pembeli buah durian di Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Pegumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diguakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Perpanjangan keabsahan temuan, Triangulasi, dan Kecukupan Referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penjual buah durian di Desa Blimbing melakukan persaingan yang sehat dengan sesama penjual, bayak penjual yang melakukan praktik jual beli ijon, mengutamakan kejujuran kepada pembeli, melakukan komunikasi yang baik dengan pembeli, memberikan kebebasan memilih kepada pembeli, Penjual tidak mencampur buah yang bagus dengan yang cacat, Penjual menentukan harga mempertimbangkan jenis, ukuran, kualitas, serta garansi pada buah durian, Penjual belum menetapkan sistem ganti rugi secara jelas. (2) Perilaku penjual durian di Desa Blimbing sebagian sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam dan sebagian lagi belum sesuai dengan etika bisnis Islam. karena masih banyak yang tidak memenuhi seluruh prinsip etika bisnis Islam karena melakukan praktik ijon dan belum menetapkan sistem ganti rugi yang jelas karena imbas dari praktik ijon yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Elok Nurjanah |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 04:01 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 04:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3606 |
Actions (login required)
View Item |