Mahmudhah, Alawiyah (2021) Pengembangan E-Modul Interaktif Dengan Pendekatan Realistik Berbasis Lectora Inspire Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932302917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932302917_bab1.pdf Download (212kB) |
|
Text
932302917_bab2.pdf Download (170kB) |
|
Text
932302917_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
|
Text
932302917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932302917_bab5.pdf Download (57kB) |
|
Text
932302917_daftarpustaka.pdf Download (98kB) |
|
Text
932302917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 berlangsung secara online. Siswa diharuskan belajar secara mandiri dan memahami materi yang diberikan. Tidak sedikit siswa yang kesulitan dalam memahami konsep matematis dalam pembelajaran online. Berdasarkan analisis masalah di MTsN 12 Jombang melalui wawancara dengan guru matematika, siswa kurang terbiasa menyelesaikan soal cerita pada materi SPLDV dikarenakan kurangnya pemahaman konsep matematis siswa. Salah satu upaya dalam memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa yakni dengan membuat media pembelajaran yang mendukung terjadinya interaksi dan menggunakan pendekatan realistik. Tujuan penelitian ini adalah membuat produk berupa E-Modul interaktif dengan pendekatan realistik yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa. Pengembangan produk menggunakan aplikasi lectora inspire dengan materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes pemahaman konsep matematis siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan jenis analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni E-Modul yang valid, layak dan dapat memfasilitasi pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:41 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3577 |
Actions (login required)
View Item |