Saputro, Eka Hadi (2021) Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas XI Mipa 4 Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932302117_prabab.pdf Download (983kB) |
|
Text
932302117_bab1.pdf Download (516kB) |
|
Text
932302117_bab2.pdf Download (559kB) |
|
Text
932302117_bab3.pdf Download (517kB) |
|
Text
932302117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
|
Text
932302117_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) |
|
Text
932302117_bab6.pdf Download (198kB) |
|
Text
932302117_daftarpustaka.pdf Download (17kB) |
|
Text
932302117_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada Penelitian Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI 4 MIPA MAN 1 Kota Kediri, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektivan pemahaman konsep siswa dengan memanfaatkan media video pembelajaran matematika . Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 MAN 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 36 siswa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode preexperiment dengan desain one group pretest posttest yang menggunakan satu kelas dalam sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pemberian soal tes pemahaman konsep dan wawancara kepada enam siswa dengan kriteria 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, 2 siswa berkemampuan rendah. Pretest diberikan sebelum perlakuan yang berfungsi untuk mengukur pemahaman awal siswa sedangkan posttest diberikan untuk mengukur pemahaman akhir siswa setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data tentang pemahaman konsep siswa dianalisis dengan menggunakan analisis statistik non paramterik dan hasil wawancara kepada enam siswa kemudian ditarik kesimpulannya. Berdasarkan hasil analisis nilai pretest dan posttest didapatkan hasil pengujian hipotesis bahwa nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari 0,005 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dengan posttest, sehingga dalam hal ini ada perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesuadah pemberian perlakuan dan ini diperoleh N-gain score yaitu 0,35 dengan ketegori tingkat keefektifan yaitu sedang.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:30 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3574 |
Actions (login required)
View Item |