Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android X-Vector Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Berpikir Siswa

Rofiqoh, Iffatur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android X-Vector Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Berpikir Siswa. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300617_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300617_bab1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
932300617_bab2.pdf

Download (192kB)
[img] Text
932300617_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932300617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
932300617_bab5.pdf

Download (14kB)
[img] Text
932300617_daftarpustaka.pdf

Download (141kB)
[img] Text
932300617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang dipelajari peserta didik mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Tujuan pembelajaran matematika menjawab persoalan yang ditemui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Meski demikian, masih banyak peserta didik yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, sehingga dibutuhkan solusi untuk membuat pembelajaran matematika menjadi lebih nyata dan dekat dengan siswa, salah satu alternatif solusi adalah melalui media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis android berjudul X-Vector pada materi vektor dengan sasaran siswa kelas X. Aplikasi dikembangkan dengan menggunakan software Construct 2 dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap pokok, yakni Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli, angket praktisi, angket respon siswa, dan soal pemahaman konsep untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk adalah sangat layak dengan presentase skor 95,17% berdasarkan ahli media dan 86,84% berdasarkan ahli materi. Berdasarkan hasil uji coba, media dikatakan efektif karena 86% dari seluruh subjek uji mendapatkan nilai di atas KKM, serta hasil angket menyatakan bahwa media memperoleh skor 78,19% dalam kriteria cukup efektif untuk memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa. Tingkat kepraktisan media adalah 85% dalam kategori sangat praktis menurut praktisi lapangan dan memperoleh skor 80,57% dalam kategori cukup praktis berdasarkan angket respon siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran X-Vector memenuhi aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dalam memfasilitasi pemahaman konsep berpikir siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:12
Last Modified: 24 Feb 2022 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3572

Actions (login required)

View Item View Item