Nawawi, Husnun (2021) Peran Reputasi Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Pembiayaan Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Syariah (Studi Kasus Di KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931405217_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931405217_bab1.pdf Download (341kB) |
|
Text
931405217_bab2.pdf Download (428kB) |
|
Text
931405217_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
|
Text
931405217_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
|
Text
931405217_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
931405217_bab6.pdf Download (89kB) |
|
Text
931405217_daftarpustaka.pdf Download (304kB) |
|
Text
931405217_suratpernyataan.pdf Download (406kB) |
Abstract
HUSNUN NAWAWI, 2021. Dosen pembimbing Amrul Mutaqin, MEI. dan Dijan Novia Saka, S.E., MM. Peran Reputasi Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Pembiayaan Ditinjau Dari Perspektif Manajemen Syariah (Studi Kasus Di KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri) Kata Kunci : Reputasi, Manajemen Syariah, Kinerja Skripsi ini dilatar belakangi tentang peran reputasi untuk menjadikan dasar persepsi masyaarakat dalam mengajukan menjadi anggota dan menentukan produk pembiayan. Pokok penelitian ini menjawab: Bagaimana reputasi dalam meningkatkan jumlah anggota ditinjau dari perspektif manajmen syariah di KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri?. Bagaimana peran reputasi dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan ditinjau dari perspektif manajemen syariah di KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran dari reputasi dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk pembiayaan ditinjau dari perspektif manajemen syariah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dari hasil wawancara dengan Pimpinan dan Staf Pembiayaan lembaga KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri dan hasil data sekunder dari hasil dokumentasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik deskriptif dengan melalui tahap yaitu; reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi yang diterapkan pada lembaga koperasi berjalan dengan baik sesuai dengan perspektif manajemen syariah yaitu Planning (Perencanaan), Organizer (Pengorganisasian), Actuatuing (Penggerakan), Controlling (Pengawasan). Peran reputasi terfokus pada unsur-unsur nama baik, pihak koperasi mengutamakan kesejahteraan anggotanya atas produk pembiayaan yang anggota jalankan. Reputasi pesaing, mempunyai cara dalam melakukan pembiayaan yaitu tidak mengutamakan jaminan ketika pembiayaan yang dijalankan tidak lebih dari 2 juta, jadi pihak lembaga koperasi dan anggota menerapkan akad yang amanah atau saling percaya dan transparan. Dikenal luas koperasi merangkul semua kalangan masyarakat yang aktif dalam bidang pengajian umum, yang dilakukan secara rutin, supaya masyarakat mendapatkan informasi dan tersalurkan produk pembiayaan. Dan Kemudahan diingat, koperasi memberikan pelayanan yang baik, sopan santun kepada masyarkat dan jujur mengenai produk pembiayaan. Reputasi sangat berperan penting dalam peningkatan jumlah anggota, hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah anggota dan jumlah pendapatan dari lembaga KSPPS BMT Sumber Barokah Mandiri Purwoasri Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150202 Financial Econometrics 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Husnun Nawawi |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 08:53 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3566 |
Actions (login required)
View Item |