Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mayangkara Group Kota Blitar)

Pratiwi, Dwi (2021) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Mayangkara Group Kota Blitar). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931313617_prabab.pdf

Download (844kB)
[img] Text
931313617_bab1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
931313617_bab2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
931313617_bab3.pdf

Download (198kB)
[img] Text
931313617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931313617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
931313617_bab6.pdf

Download (167kB)
[img] Text
931313617_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931313617_surratpernyataan.pdf

Download (177kB)

Abstract

DWI PRATIWI, Dosen pembimbing Dr. Ali Samsuri, M.EI dan Ririn Tri Puspita Ningrum, M.SI. Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Mayangkara Group Kota Blitar). Ekonomi Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kesejahteraan Masyarakat, Perspektif Ekonomi Islam Corporate Social Responsibility merupakan bentuk dari komitmen perusahan dalam berperilaku etis, beroperasi secara legal serta memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitarnya sebagai bentuk pertanggungjawaban. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Corporate Social Responsibility pada perusahaan Mayangakara Group Kota Blitar serta untuk mengetahui bagaimana peran Corporate Social Responsibility Mayangkara Group dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan pengecekan keabsahan data antara lain dengan triangulasi, meningkatkan ketekunan penelitian serta mengadakan member check. Tahap terakhir yang dilakukan adalah menganalisa data dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi program CSR pada perusahaan Mayangkara Group dimulai sejak tahun 2002, sebelum terbitnya peraturan perundang-undangan tentang kewajiban perusahaan memberikan tanggung jawab sosial. Programnya meliputi beberapa bidang yaitu pendidikan, sosial, kesehatan dan ekonomi serta keagamaan. Alur kegiatan permohonan bantuan CSR dimulai dengan pengajuan proposal, persetujuan proposal dan survei, distribusi bantuan, monitoring serta yang terakhir pertanggungjawaban. (2) Masyarakat sekitar perusahaan merasakan manfaat akan kehadiran perusahaan Mayangkara Group dengan terserapnya tenaga kerja dan juga bantuan berupa CSR dari perusahaan. Dengan bantuan CSR Mayangkara Group cukup membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai perspektif ekonomi islam dibidang pendidikan, sosial, kesehatan serta keagamaan namun belum dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkala. Kegiatan CSR Mayangkara Group dilakukan sesuai dengan prosedur dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan juga sesuai dengan prinsip ajaran Islam yaitu Al-Adl, Al-Ihsan, manfaat, dan amanah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Pratiwi
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:50
Last Modified: 21 Feb 2022 03:50
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item View Item