Lenen, Alvina (2021) Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Religus Siswa SMP Negri 3 Plosoklten Kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932142814_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932142814_bab1.pdf Download (228kB) |
|
Text
932142814_bab2.pdf Download (299kB) |
|
Text
932142814_bab3.pdf Download (180kB) |
|
Text
932142814_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Text
932142814_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text
932142814_bab6.pdf Download (161kB) |
|
Text
932142814_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
932142814_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
Abstract
LENEN ALVINA, Dosen Pembimbing Dr. Noer Hidayah. M.Si, dan Dr. Iskandar Tsani, S.Ag, M.Ag: Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa SMP Negeri 3 Plosoklaten Kelas VIII B, Provinsi Jawa Timur, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Upaya, Guru Pendidikan Agam Islam, Karakter, Religius Upaya adalah seautu rangka untuk mencapai suatu maksud atau tujuan, memecahkan persoalan, mencari jalan keluar dan lain sebagainya. Guru Pendidikan Islam adalah profesi mempunyai tugas mengajar dan mendidik pelajaran Agama Islam atau usaha berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup (way of life). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui problem pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas VIII di SMPN 3 Plosoklaten. (2) Mengetahui strategi yang dilakukan Guru dalam rangka menerapkan pendidikan karakter Islam pasa siswa kelas VIII di SMPN 3 Plosoklaten Penelitian ini menggunakan penelitian kualitataif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru PAI, dan perwakilan siswa terkait upaya yang dilakukan oleh Guru PAI dalam menanamkan karakter religius. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan upaya menanamkan karakter religius melalui kerohanian Islam. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Problem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VIII di SMPN 3 Plosoklaten, yaitu: Masih ada siswa-siswi yang sholatnya masih bolong-bolong atau masih belum sempurna, masih ada siswa-siswi yang sholatnya masih bolong-bolong atau masih belum sempurna, Sudah hampir 90% siswi muslim memakai hijab. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa SMP Negeri 3 Plosoklaten, yaitu: Memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa siswi, memeberikan sanksi yang mendidik, mengajari siswa untuk menutup aurat
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lenen Alvina |
Date Deposited: | 17 Feb 2022 04:51 |
Last Modified: | 17 Feb 2022 04:51 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3461 |
Actions (login required)
View Item |