Praktek Jual Beli Telur Kemasan Di Pasar Mrican Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Krisdianto, Johan (2021) Praktek Jual Beli Telur Kemasan Di Pasar Mrican Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931330314_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931330314_bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
931330314_bab2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
931330314_bab3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
931330314_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
931330314_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
931330314_bab6.pdf

Download (106kB)
[img] Text
931330314_daftarpustaka.pdf

Download (168kB)
[img] Text
931330314_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
931330314_suratpernyataan.pdf

Download (552kB)

Abstract

JOHAN KRISDIANTO, dosen pembimbing, Dr. H. Ahmad Syakur LC, M.EI dan Amrul Muttaqin, M.EI. Judul Skripsi “Praktek Jual Beli Telur Kemasan di Pasar Mrican menurut Presfektif Etika Bisnis Islam”. Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Kediri, 2021. Kata Kunci: Jual Beli, Telur Kemasan, Etika Bisnis Islam. Jual beli merupakan salah satu bentuk ibadah dalam mencari rizki demi memenuhi kebutuhan hidup, akan tetapi jual beli dengan syariat Islam adalah jual beli yang tidak mengandung unsur penipuan, kekerasan, pemaksaan, kesamaran dan juga riba. Sedangkan proses jual beli telur dipasar mrican bisa dikatakan sebagai hal yang unik karena penjualan telur dipasar mrican ini dakam setiap kemasan tercampur antara telur yang bermutu baik dan sebaliknya sehingga pembeli tidak dapat memilih satu persatu kualitas telur yang baik, dan pembeli juga tidak dapat mengetahui ukuran takaran telur dalam kemasan tersebut. Fokus penelitian ini adalah (1) bagaimana praktek jual beli telur kemasan di pasar mrican, dan (2) bagaimana praktik jual beli telur kemasan dipasar mrican dalam presfektif etika bisnis islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan peneliti adalah dengan metode dokumentasi, observasi dan wawancara dengan pihak penjual telur dan pembeli dipasar mrican. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) dalam jual beli telur kemasan dipasar mrican, banyak penjual yang mencampur telur mutu yang baik dengan mutu yang dibawahnya dalam satu kemasan, dan pembeli tidak mengetahui bahwa telur tersebut sudah pas dalam takaran atau belum, lalu menjualnya kepada khalayak ramai dipasar dengan harga yang lebih murah dari pada harga telur dengan mutu bagus dipasar. (2) dalam jual beli telur kemasan tersebut menurut prinsip etika bisnis islam, penjual mencaampur telur dengan mutu baik dan dibawahnya, akan tetapi telur dengan mutu rendah tersebut masih bisa dimanfaatkan dan dikompensasi dengan harga yang lebih murah dan melanggar prinsip kejujuran. Juga takaran yang kurang pas dan tidak sesusai dengan etika bisnis islam karena ada unsur kecurangan (tadlis).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Johan Krisdianto
Date Deposited: 11 Feb 2022 03:58
Last Modified: 11 Feb 2022 03:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item