Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Tinjau Dari Manajemen Syari’ah (Studi Kasus di Rumah Makan Warung Gunung Mojoroto Kediri)

Maulida, Husna (2021) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Di Tinjau Dari Manajemen Syari’ah (Studi Kasus di Rumah Makan Warung Gunung Mojoroto Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931300814_prabab.pdf

Download (139kB)
[img] Text
931300814_bab1.pdf

Download (63kB)
[img] Text
931300814_bab2.pdf

Download (93kB)
[img] Text
931300814_bab3.pdf

Download (49kB)
[img] Text
931300814_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
931300814_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
931300814_bab6.pdf

Download (35kB)
[img] Text
931300814_daftarpustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text
931300814_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Strategi pelayanan merupakan cara menyikapi suatu keadaan atau kenyataan dengan memberikan solusi untuk mampu keluar dari keadaan tersebut. Agar strategi pelayanan berjalan dengan baik maka harus sesuai dengan indikator pelayanan dan ditinjau dari manajemen syari’ah maka harus sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen syari’ah. Dari konteks penelitian tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pelayanan warung gunung Mojoroto Kediri dalam meningkatkan jumlah pelanggan ?, 2) Bagaimana strategi pelayanan warung gunung Mojoroto Kediri dalam meningkatkan jumlah pelanggan ditinjau dari manajemen syari’ah ? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari pemilik warung gunung, karyawan, dan pelanggan, sedangkan data sekunder diperoleh menggunakan metode dokumentasi. Teknik pengumpulan data peneliti menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pelayanan warung gunung menggunakan acuan dari indikator kualitas pelayanan. Pertama, point Tangibles (berwujud) pada kenyamanan tempat pelayanan. Kedua, point Reliability (kehandalan) yakni mampu memberikan respon dengan cepat. Ketiga, point Responsivess (ketanggapan) yaitu memberikan pelayanan dengan cepat tanggap di mulai dari customer datang, melayani pemesanan, hingga sampai customer pulang. Keempat, Ansurance (jaminan) adalah seorang kasir maupun karyawan dapat memberikan jaminan kepastian atau kepercayaan produk yang ingin dijual pihak warung gunung dan kepuasan pelanggan harus dinomor satukan. Dan kelima, Emphaty (empati) yakni pelayanan yang memuaskan dan menarik pelanggan. Menurut hasil penelitian dan wawancara untuk kendala jarang terjadi dikarenakan dengan adanya pengevaluasian terhadapa kinerja warung gunung sehinggan terus menciptakan pelayanan yang terbaik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:46
Last Modified: 08 Feb 2022 01:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item