Natalia, Risa (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas VII MTs Almusthofa Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
932110817_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932110817_BAB 1.pdf Download (455kB) |
|
Text
932110817_BAB 2.pdf Download (469kB) |
|
Text
932110817_BAB 3.pdf Download (426kB) |
|
Text
932110817_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (465kB) |
|
Text
932110817_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
932110817_BAB 6.pdf Download (331kB) |
|
Text
932110817_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
|
Text
932110817_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932110817_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (131kB) |
Abstract
Risa Natalia, Dosen Pembimbing I Drs. H. M. Ro’is, MA dan Dosen Pembimbing II Agus Dwi Santosa, M. Pd.I Peran Guru dalam meningkatkan Minat Belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Siswa Kelas VII MTs Al-Musthofa Mojokerto, FTIK, Pendidikan Agama Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Guru, Minat Belajar, Baca Tulis Al-Qur’an Guru bagi peserta didik sangatlah dibutuhkan karena ketika menerapkan, mempelajari yang diajarkan oleh guru secara langsung atau tidak dapat terwujudnya suatu kepribadian yang baik. Minat belajar siswa adanya kemauan tersendiri untuk menggali suatu pengetahuan sendiri untuk mendorong semangat dan memberikan motivasi kepada siswa. Mempelajari Al-Qur’an harus memahami dan mempelajari isi kandungan dalam Al-Qur’an maka setiap muslim harus mempu membacanya. Oleh karena itu guru salah satu cara dalam mewujudkan tujuan dengan mengubah pola pikir dan membentuk kepribadian siswa agar menjadi siswa yang teladan, dan agar bisa membaca menulis Al-Qur’an meski dengan kemampuan siswa yang beda-beda, karena orang tua memberikah penuh dengan sekolah jadi peran seorang guru sangat penting tidak hanya dengan mata pelajaran tetapi baca tulis Al-Qur’an sangat penting bagi siswa pada sadarnya siswa jarang sekali menyentuh apalagi mempelajarinya. Dengan begitu peran guru dalam meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an mampu memberikan layanan khusus dimadrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) tugas guru dalam meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII di Mts Al-Musthofa Mojokerto, (2) kewajiban guru meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an iswa kelas VII di Mts Al-Musthofa Mojokerto, (3) hambatanhambatan guru dalam meningkatkan minat belajar baca tulis Al-Qur’an iswa kelas VII di Mts Al-Musthofa Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus yang bersifat deskriptif, peneliti terjun lapangan langsung dan menggali informasi saat penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan baca tulis AlQur’an di Mts Al-Musthofa Mojokerto dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran dan dilakukan diluar jam pembelajaran. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar baca tulis Al-Qur’an melakukan tes tulis dan lisan, dengan begitu dapat meningkatkan kemampuan baca tulis tulis Al-Qur’an dan peran guru dalam membimbingan sangat khusus jadi siswa memiliki semangat dalam belajar baca tulis Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Risa Natalia |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 06:20 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 06:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3376 |
Actions (login required)
View Item |