Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kemerosotan Moral Siswa Korban Broken Home di SMK Islam Kunjang Kediri

Munawaroh, Badriyatul (2021) Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kemerosotan Moral Siswa Korban Broken Home di SMK Islam Kunjang Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125216_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932125216_bab1.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932125216_bab2.pdf

Download (336kB)
[img] Text
932125216_bab3.pdf

Download (473kB)
[img] Text
932125216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
932125216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
932125216_bab6.pdf

Download (94kB)
[img] Text
932125216_daftarpustaka.pdf

Download (223kB)

Abstract

SMK Islam Kunjang terdapat berbagai latar belakang adanya kemerosotan moral siswa. Khususnnya siswa Broken Home baik itu membolos, sering terlambat, tidak mematuhi peraturan sekolah. Bentuk kasus kemerosotan moral siswa berdasarkan keadaan, penulis tertarik untuk membahas mengenai judul “Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling Dan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kemerosotan Moral Siswa Korban Broken Home Di SMK Islam Kunjang Kediri Tahun Pelajaran 2019/2010”. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kemerosotan moral siswa di SMK Islam Kunjang Kediri? 2) Bagaimana bentuk kolaborasi guru BK dan guru PAI didalam menangani siswa korban Broken Home di SMK Islam Kunjang Kediri?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hal ini kehadiran peneliti sangat diperlukan serta sumber data utama penelitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dianalisis dan teknik analisis model Milles dan Hubberman yang meliputi tahap yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan 3 teknik yaitu keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan trianggulasi yang mengecek perolehan data secara wawancaradengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian: Bentuk kemerosotan moral siswa di SMK Islam Kunjang Kediri yaitu: membolos, berkelahi, merokok, merusak sarana dan lingkungan sekolah, tidak disiplin dalam proses KBM, terlambat, tidak mengerjakan tugas dari guru, dan berpakaian tidak sesuai peraturan sekolah. Kolaborasi guru bimbingan konseling dan guru pendidikan agama islam dalam menanggulangi kemerosotan moral siswa korban Broken Home di SMK Islam Kunjang Kediri yaitu: 1) sebagai pembimbing; 2) sebagai pembangun kerjasama; 3) sebagai motivator, sebagai konselor, dan peran tersebut telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan landasan pelayanan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Badriyatul Munawaroh
Date Deposited: 03 Feb 2022 03:07
Last Modified: 03 Feb 2022 03:10
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3359

Actions (login required)

View Item View Item