Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMP Negeri 1 Karangjati

Rohmatin, Muzayanatul Ulfa (2021) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMP Negeri 1 Karangjati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932105414_prabab.pdf

Download (766kB)
[img] Text
932105414_bab1.pdf

Download (603kB)
[img] Text
932105414_bab2.pdf

Download (552kB)
[img] Text
932105414_bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932105414_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
932105414_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
932105414_bab6.pdf

Download (195kB)
[img] Text
932105414_daftarpustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Pada dasarnya pendidikan terdiri dari berbagai komponen yang saling berpengaruh dan berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya, gurulah yang memegang peran penting dan merupakan kunci pokok bagi keberhasilan pendidikan. Untuk standar kompetensi profesional guru harus di tingkatkan.Dari alasan yang telah dipaparkan, penulis tertarik untuk mengambil judul “kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Karangjati”. Adapun fokus dan tujuan penelitian ini adalah:1) Memaparkan Bagaimanakah Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Guru diSMP Negeri 1 Karangjati?, 2) Memaparkan Bagaimanakah pelaksanaan peningkatan Kompetensi Profesional Guru diSMP Negeri 1 Karangjati?Pendefinisian konsep kata kunci ini dapat memberikan makna yang jelas, sehingga dapat digunakan untuk memahami, menafsirkan, menganalisis, dan menjelaskan peristiwa atau gejala yang sedang diteliti. Tentunya mempermudah peneliti dalam menyimpulkan hasil penelitian.Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam hal ini kehadiran peneliti sangat penting, karena merupakan instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada, sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui informan dengan metode interview, dokumentasi dan observasi merupakan data tambahan. Analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa 1) kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional di SMP Negeri 1 Karangjatiantara lain yaitu dengan memberikan motivasi dan pembinaan kepada guru yang berupa arahan, aktif dalam MGMP, melakukan pelatihan- pelatihan, workshop, diklat dan seminar, serta memberikan fasilitas guna menunjang para bapak ibu guru untuk belajar dalam meningkatkan kompetensi profesional sebagai guru. 2) dalam Pelaksanaan peningkatkan kompetensi profesional guru diSMP Negeri 1 Karangjati, tidak hanya usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, tetapi para guru pun harus berusaha secara pribadi. Antara lain yaitu Sebelum mengajar para guru dituntut untuk memahami bahan ajar terlebih dahulu, pentingnya penguasaan materi agar sesuai dengan konsep, struktur, dan metode kaidah ilmu yang menaunginya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muzayanatul Ulfa Rohmatin
Date Deposited: 03 Feb 2022 02:20
Last Modified: 03 Feb 2022 02:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3336

Actions (login required)

View Item View Item