SRIKANAH, SRIKANAH (2017) Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Kejujuran Siswa di SMP Al-Huda Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
SAMPUL.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (346kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (97kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (264kB) |
|
Text
Lamp. 1 Pedoman Observasi_Riwayat Hidup Peneliti.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Jujur merupakan karakter karakter paling penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kejujuran sangat berkaitan dengan karakter-karakter lain yang dilandasi rasa cinta dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sulit ditemuinya karakter jujur merupakan masalah bagi bangsa. Untuk itu penting adanya menanamkan karakter jujur pada generasi bangsa. Guru merupakan tokoh yang sangat berpengaruh terhadap karakter siswa. Baik buruknya tingkah laku siswa di sekolah tentu tidak lepas dari didikan guru Pendidikan Agama Islam. Pendidikan karakter yang terlaksana di sekolah menjadi tugas seorang guru. Dari beberapa karakter, jujur adalah yang terpenting dan yang pertama harus diterapkan karena dari kejujuran seseorang akan bisa menjalani kehidupan dengan baik. Untuk mewujudkan pembentukan karakter pada siswa tentunya diperlukan ikhtiyar/upaya seorang guru. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan 1) Karakter kejujuran Siswa di SMP AL-Huda Kediri; 2) Strategi Guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa di SMP Al-Huda Kediri; 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya karakter jujur siswa Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana prosedur penelitian yang dihasilkan adalah data deskriptif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus karena penelitian ini akan mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian 1) Karakter kejujuran Siswa di SMP AL-Huda Kediri yaitu menunjukkan karakter jujur yang baik, dilihat dari indikator jujur dalam ujian, mengakui kesalahan, dan mengembalikan brang bukan hal milik yang ditemukan ; 2) Strategi Guru dalam membentuk karakter kejujuran siswa di SMP Al-Huda Kediri yaitu membiasakan anak selalu berlaku jujur di sekolah, menginternalisasian dalam pembelajaran dan memotivasi siswa; 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi terbentuknya karakter jujur siswa yaitu orang tua dan lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 04:24 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:24 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/332 |
Actions (login required)
View Item |