Peran Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Sidokumpul Sambeng Lamongan

Muarrifatunni'mah, Mitsni (2021) Peran Kiai Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren: Studi Kasus Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Sidokumpul Sambeng Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932406217_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932406217_bab1.pdf

Download (367kB)
[img] Text
932406217_bab2.pdf

Download (362kB)
[img] Text
932406217_bab3.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932406217_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
932406217-bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932406217_bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932406217_daftarpustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
932406217_suratpernyataan.pdf

Download (158kB)

Abstract

MUARRIFATUNNI’MAH, MITSNI,2021. peran kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren (studi kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sidokumpul Sambeng Lamongan). Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Pembimbing (1) Moh. Zainal Fanani M.Pd. I dan (2) Nurul Hudha Purnomo M.Pd. Kata Kunci: Peran Kiai, Mutu Pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Mutu pendidikan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. 2) peran kiai dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1) mutu pendidikan pesantren dapat dilihat dari beberapa standar yaitu: Standar kelulusan, dilihat santri telah menyelesaikan program tahfidz Al Qur’an, program pembelajaran kitab memperoleh penilaian akhir dan lulus ujian pondok pesantren. Standar isi, dilihat dari lingkup materi dan tingkat kompetensi telah memenuhi ketentuan perundang-undangan, materi telah disusun berdasarkan konsep keilmuan bercirikan pendidikan pesantren. Standar proses, dilihat dari pembuatan perencanaan di awal semester dan diawal tahun tentang materi pembelajaran serta dalam proses pembelajaran lebih mengacu kepada Alqur’an dan kitab. Standar pendidik dam tenaga kependidikan, telah memenuhi standar karena yang mengajar berasal dari alumni pondok pesantren yang telah memenuhi kualifikasi sesuai bidangnya. Standar sarana dan prasarana, cukup memadai karena sudah diberikan fasilitas yang santri butuhkan oleh santri. Standar pengelolaan, pembelajarannya telah dilakukan secara terstruktur, dilihat dari standar pengelolaan sarana dan prasarana, pembelajaran, dan pembiayaannya. Standar pembiayaan, sudah dilakukan dengan efektif biaya operasional diperoleh dari bantuan pemerintah, uang syahriah santri perbulan, dan juga dari pendonatur. Standar penilaian, dengan menggunakan UTS dan UAS untuk MADIN, tasmi’ dan MHQ untuk tahfidz. 2) Untuk mencapai mutu pendidikan yang diharapkan tidaklah mudah, oleh karena itu peran Kiai sangat di butuhkan dalam meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan tersebut. Oleh karena itu kiai harus memiliki strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pesantren, melalui beberapa cara yaitu: a) mengembangkan tradisi ilmiah dengan langkah memadukan pendidikan umum dan pendidikan pesantren, mengembangkan materi pembelajaran pondok pesantren dan ilmu kemasyarakatan. b) mengaktifkan semua komponen kurikulum meliputi komponen tujuan, komponen materi, komponen strategi, komponen media dan komponen evaluasi. c) meningkatkan profesionalitas guru dengan langkah merekruitmen alumni-alumni baik dari Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an maupun dari pondok lain yang memiliki pengetahuan agama, kemasyarakatan dan memiliki kemampuan untuk mengajar. d) meningkatkan pengelolaan meliputi: pengelolaan pembelajaran, pengelolaan pembiayaan dan pengelolaan sarana dan prasarana. e) menyediakan fasilitas sarana dan prasarana dengan langkah melakukan terobosan untuk memenuhi sarana dan prasarana di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sidokumpul Sambeng Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mitsni Muarrifatunni'mah
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:52
Last Modified: 31 Jan 2022 02:52
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item