Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ‘Ulum Pare Kediri

NIKMAH, SITI LAILATUN (2017) Penerapan Metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ‘Ulum Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1 COVER_5 PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
7 BAB II.pdf

Download (715kB)
[img] Text
8 BAB III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9 BAB IV.pdf

Download (495kB)
[img] Text
10 BAB V.pdf

Download (483kB)
[img] Text
11 BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
13 RIWAYAT HIDUP_SURAT PENELITIAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Metode Yanbu’a adalah suatu metode membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an dengan cara membaca cepat, tepat dan tidak putus-putus sesuai makhorijul huruf dan merupakan metode yang efektif dan efisien untuk diterapkan. Dalam metode Yanbu’a terdapat pembelajaran tilmu tajwid praktis, makhorijul huruf, shifatu huruf dengan menggunakan nada yang memudahkan siswa untuk menghafalnya. Fokus penelitiannya adalah 1) bagaimanakah penerapan metode Yanbu’a dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul’Ulum Semanding Pare Kediri, 2) bagaimanakah hasil penerapan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidhil Qur’an Sirojul ‘Ulum Semanding Pare Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitataif dengan rancangan penelitian Deskriptif. Sesuai dengan pendekatan ini, kehadiran peneliti sangat penting, karena peneliti adalah instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis deskriptif kualitataif, yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengategorikan data. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) penerapan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Putra Tahfidzil Al-Qur’an Sirojul Pare Kediri sesuai dengan dalam pedoman Yanbu’a, dan terdapat program baru yaitu program Isti’dad atau metode dipercepat dengan tujuan santri cepat langsung ke Al-Qur’an. 2) Dengan menggunakan metode yan’bua banyak kemampuan santri yang meningkat dapat dibuktikan dari kelancaran kefashihan membaca Qur’an, dan banyak santri yang sudah khatam Yanbu’a mengajarkan ilmunya kepada santri junior.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:12
Last Modified: 15 Apr 2019 08:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item