Rohmah, Nailatur (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mepye Kids Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hafalan Doa Harian Pada Siswa Tahfidz For Kid Qur'anan 'Arobiyya Rejomulyo Ngasinan Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932100217_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
932100217_bab1.pdf Download (289kB) |
|
Text
932100217_bab2.pdf Download (549kB) |
|
Text
932100217_bab3.pdf Download (421kB) |
|
Text
932100217_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932100217_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
|
Text
932100217_daftarpustaka.pdf Download (257kB) |
|
Text
932100217_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu pendidik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Jenis dari media pembelajaran sangat beragam, salah satunya media pembelajaran berbasis android. Media pembelajaran berbasis android merupakan suatu alat bantu dalam penyampaian materi dengan menggunakan smartphone yang bersistem android. Akan tetapi, pembelajaran di Tahfidz for Kids Qur'anan 'Arobiyya masih menggunakan pembelajaran klasikal. Oleh karenanya, peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang dapat membantu proses pembelajaran. Media tersebut berupa aplikasi yang dapat dioprasikan lewat smartphone android. Apikasi ini bernama Mepye Kids (Memorizing Prayers for Kids) yang berisi kumpulan doa harian beserta arti dan adabnya. Penelitian ini betujuan: 1) untuk mengetahui tahap merancang media pembelajaran aplikasi Mepye Kids berbasis android pada smartphone. 2) Untuk mengetahui perbedaan hafalan doa harian setelah menggunakan media pembelajaran aplikasi Mepye Kids berbasis android pada siswa Tahfidz for Kids Qur'anan 'Arobiyya Rejomulyo, Ngasinan, Kediri. Penelitian ini mengguankan metode Reserch and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh infomasi-informasi berupa saran dan kritik yang terdapat pada angket dan informasi hasil wawancara terhadap guru, siswa dan orangtua. Sedangkan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data berupa skor dari ahli materi dan ahli media pembelajaran serta skor siswa setelah melakukan tes. Untuk mengetahui tingkat keefektifan dengan menggunkan persentase dan dengan menggunakan uji-t untuk mengetahui tingkat signifikansinya. Penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek coba tediri dari seorang ahli media pembelajaran, seorang ahli materi, dan 20 siswa Tahfidz for Kids Qur'anan 'Arobiyya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perancanagan media aplikasi mepye kids berdasarkan analisis kebutuhan, mendesain media sesuai kebutuhan, dan perancanagan dengan menyusun alur aplikasi berupa flowchart, merancang UML (Unfied Modeling Language), membuat struktur navigasi, dan merancang User Interface. Setelah produk telah selesai dirancang, dilakukan validasi untuk mengetahui tingkat kelayakan media ini. Hasil dari ahli materi mendapatkan skor 4,75 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli materi mendapatkan skor 4,5 dengan kategori “Sangat Layak” setelah dua kali melakukan revisi. 2) Diperoleh nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001 pada uji coba perseorangan dengan 7 subjek dan singnifikansi sebesar 0,000 pada uji coba lapangan dengan 20 subjek. Dengan demikian asumsi signifikasi Ha ≤ 0,05 maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan dari penggunaan media aplikasi Mepye Kids dalam meningkatkan hafalan doa harian siswa Tahfidz for Kids Qur'anan 'Arobiyya.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Sains, Teknologi dan Rekayasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nailatur Rohmah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 01:57 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 01:57 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3288 |
Actions (login required)
View Item |