Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri

Nirwana, Sherly (2021) Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932118116_prabab.pdf

Download (589kB)
[img] Text
932118116_bab1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
932118116_bab2.pdf

Download (363kB)
[img] Text
932118116_bab3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
932118116_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
932118116_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
932118116_bab6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
932118116_daftarpustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932118116_suratpernyataan.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya motivasi belajar siswa dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Sehingga perlu adanya strategi khusus dari guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yang tentunya dalam pemberian strategi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambatnya. Oleh karena itu dalam penelitian ini memiliki 2 fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yakni melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri yaitu dengan cara guru menjelaskan tujuan pembelajaran, guru memberikan cerita kisah teladan, nilai/angka, ulangan dan pujian, guru menggunakan metode yang berbeda sebagai bentuk alternatif lain, serta guru memberikan peringatan atau teguran kepada siswa. (2) faktor pendukung strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs. Hasan Muchyi Kapurejo Pagu Kediri adalah adanya fasilitas dari sekolah seperti: ruang kelas yang memadai, tersedianya LCD, peta, dan buku-buku penunjang materi, serta terdapat program-program sekolah yang secara tidak langsung membantu strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa seperti: BALAZIAR (Belajar kenal Alam, Lingkungan dan Ziarah), ziarah ke makam Mbah Kyai Shoddiq, peringatan maulidan dan menghafal susunan tahlil. Sedangkan faktor penghambat strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah berasal dari faktor intrinsik siswa seperti ramai, mengantuk, tidur, minat baca rendah, dan kurangnya perhatian orang tua dalam proses belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sherly Nirwana
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:31
Last Modified: 27 Jan 2022 01:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item View Item