Strategi Komunikasi KPU Kabupaten Kediri Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 (Studi Kasus Pemilihan Dengan Satu Pasangan Calon Di Masa Pandemi Covid-19).

Sujatmiko, Decha Resfiyana (2021) Strategi Komunikasi KPU Kabupaten Kediri Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 (Studi Kasus Pemilihan Dengan Satu Pasangan Calon Di Masa Pandemi Covid-19). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501617_Prabab.pdf

Download (240kB)
[img] Text
933501617_bab1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
933501617_bab2.pdf

Download (307kB)
[img] Text
933501617_bab3.pdf

Download (176kB)
[img] Text
933501617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text
933501617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
933501617_bab6.pdf

Download (154kB)
[img] Text
933501617_daftarpustaka.pdf

Download (216kB)

Abstract

DECHA RESFIYANA SUJATMIKO, Dosen Pembimbing Dr. H. Taufiqurrahman, M. Ag., dan Siti Amanah, M. Si., : Strategi Komunikasi KPU Kabupaten Kediri sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 (Studi Kasus Pemilihan Dengan Satu Pasangan Calon Di Masa Pandemi Covid-19). Komunikasi dan Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, KPU, Satu Pasangan Calon Dalam pemilihan serentak tahun 2020 yang sempat mengalami penundaan penyelenggaraan, KPU Kabupaten Kediri menetapkan pemilihan dengan satu pasangan calon serta diselenggarakan pada masa pandemi Covid-19. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis terkait strategi komunikasi yang diterapkan oleh KPU Kabupaten Kediri serta efektivitas dari penerapan strategi komunikasi terkait upaya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, serta dianalisis menggunakan analisis SWOT dan model perencanaan komunikasi berbasis KAP. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan dalam penelitian, yaitu 1). mencari kesenjangan dan menentukan tema; 2). menentukan metode penelitian; 3). tahap penggalian data; 4). tahap analisis data; serta 5). tahap penelitian laporan. Berdasarkan hasil penelitian, KPU Kabupaten Kediri menerapkan tiga strategi komunikasi, yaitu 1). strategi komunikasi KPU Kabupaten Kediri terkait dengan sosialisasi di masa pandemi Covid-19; 2). strategi komunikasi KPU Kabupaten Kediri terkait dengan adanya satu pasangan calon; serta 3). strategi komunikasi lain. Menurut hasil dari analisis SWOT, strategi komunikasi yang diterapkan didasarkan pada kondisi pandemi Covid-19 serta pemilihan dengan satu pasangan calon. Adapun hasil penerapan strategi komunikasi oleh KPU Kabupaten Kediri, berdasarkan pengukuran efektivitas menurut Campbell J.P adalah keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, serta pencapaian tujuan menyeluruh. Strategi komunikasi yang dinilai efektif antara lain : 1). melibatkan lembaga desa; 2). pertemuan dan sosialisasi melalui zoom meeting atau media sosial; 3. Pengaruh lomba dari KPU Kabupaten Kediri. Selain itu, terdapat faktor politik dinasti yang menjadi faktor lain serta memengaruhi pola pikir masyarakat, sehingga memengaruhi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri tahun 2020.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Decha Resfiyana Sujatmiko
Date Deposited: 07 Jan 2025 01:11
Last Modified: 07 Jan 2025 01:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3281

Actions (login required)

View Item View Item