Metode Pendidikan Hati Menurut Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Islami

Nevela, Cerly (2021) Metode Pendidikan Hati Menurut Perspektif Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah Dan Urgensinya Dalam Pendidikan Islami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932115915_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932115915_bab1.pdf

Download (638kB)
[img] Text
932115915_bab2.pdf

Download (890kB)
[img] Text
932115915_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
932115915_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Text
932115915_bab5.pdf

Download (467kB)
[img] Text
932115915_daftar_pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstract

Hati adalah raja bagi anggota tubuh lainnya. Bila hati baik, maka baik pula Anggota tubuh lainnya. Namun jika hati terhinggapi oleh penyakit, maka hati yang Sakit akan menutup jalan kebenaran dan rusaklah seluruh anggota tubuh lainnya. Ia melihat kebenaran sebagai sesuatu yang bertentangan dengan kehendaknya Terasa merugikan dirinya. Dalam kondisi ini dia lebih menyukai kebatilan dan Kemudharatan. Obat bagi hati yang sakit ialah dengan melenyapkan penyebabnya. Dalam skripsi ini dibahas tentang Analisis metode Pendidikan Hati menurut Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dan Urgensinya dalam Pendidikan Islam. Adapan yang menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu, Berdasarkan pada latar belakang di atas, maka peneliti mengambil bebrapa hal penting sebagi rumusan masalah dalam kajian ini, diantaranya yaitu: 1), Bagaimana Pendidikan Hati menurut Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dan yang ke 2). Bagaiman Urgensinya dalam Pendidikan Islam. Dengan tunjauan, untuk Metode Pendidikan Hati menurut Perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah dan untuk mengetahui urgensinya dalam Pendidikan Islam. Metode penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (libarary research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis isi konten (content analysis). yaitu meneliti bahan-bahan kepustakaan atau literatur yang berkaitan dengan masalah penelitian dengan memilih, membaca, menelaah dan meneliti buku-buku atau sumber tertulis lainnya yang relevan. Hasil penelitian yang peneliti peroleh yaitu, 1). Tentang pendidikan hati perspektif Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah, ditemukan bahwa hati merupakan titik utama dalam segala tindakan dan sikap seseorang. Sehingga jika baik hatinya baik pula tindakannya namun jika buruk hatinya maka akhlaknya pun akan buruk. Selanjutnya Ibnu Qayyim al-Jauziyah mengelompokan hati kedalam tiga bagian yaitu hati yang sehat, hati yang mati dan hati yang sakit. Ketiga bagian hati tersebut akan berpotensi pada perilaku individu tersebut. 2). Urgensi pendidikan hati dalam pendidikan Islam yang menjadi sasaran utamanya adalah hati. Pentingnya menjaga penyakit hati atau pendidikan hati. Dalam pendidikan Islam tidak lain karena apabila hati nya tidak sehat dan berpenyakit maka tindakan yang akan dilakukan seseorang itu pasti akan buruk juga. Keimanan merupakan titik awal dalam pengobatan penyakit hati, karena melalui keimanan seorang pendidik akan dapat menanamkan, memberikan nilai-nilai pendidikan Islam kepada dirinya dan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Cerly Nevela
Date Deposited: 02 Feb 2022 03:42
Last Modified: 02 Feb 2022 03:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3274

Actions (login required)

View Item View Item