Muslimahwati, Dewi (2021) Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Airlangga Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106417_prabab,.pdf Download (1MB) |
|
Text
932106417_bab1,.pdf Download (383kB) |
|
Text
932106417_bab2,.pdf Download (378kB) |
|
Text
932106417_bab3,.pdf Download (336kB) |
|
Text
932106417_bab4,.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932106417_bab5,.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
932106417_bab6,.pdf Download (150kB) |
|
Text
932106417_daftarpustaka,.pdf Download (266kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Apa saja problematika penerapan K-13 di Era Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Airlangga Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021, 2. Bagaimana solusi dari beberapa pihak sekolah dengan adanya problematika penerapan K-13 selama pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Airlangga Kota Kediri Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan membutuhkan analisis secara mendalam melalui prosedur antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan penggunaan jenis penelitian studi kasus dengan tujuan menelah secara mendalam suatu objek fenomena yang ada pada objek penelitian. Adapun objek dari peneltian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kurikulum 2013 dan mampu memberikan solusi bagi pendidik dalam menghadapi problematika kurikulum 2013 di era pandemi covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, kegiatan pendahuluan. Problematika pada kegiatan pendahuluan yang terjadi diantaranya, minimnya antusias peserta didik untuk ikut andil dalam proses kegiatan pendahulan secara online diera pandemi covid-1 serta melunturnya nilai religius pada peserta didik. Kedua, kegiatan inti. Problematika pada kegiatan inti yang terjadi diantaranya, beberapa pendidik cenderung belum bisa sepenuhnya menerapkan kompetensi pedagogik dan bertugas secara profesional, strategi pembelajaran yang dilakukan secara daring era pandemi covid-19 masih terlalu mononoton, minimnya media pembelajaran yang bisa diakses pesera didik serta minimnya fasilitas penunjang dan jaringan yang dimiliki oleh peserta didik misalnya masih ada peserta didik yang belum memiliki android secara pribadi, sulitnya penerapan 5M dalam proses pembelajaran. Ketiga, kegiatan penutup. Problematika pada kegiatan penutup (evaluasi) yang terjadi diantaranya, hasil evaluasi penilaian yang terdiri dari penilian kognitif, psikomotorik, sosial serta afektif yang masih dibawah standart KKM. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil point bahawasannya beberapa elemen sekolah SMP Airlangga kota Kediri masih belum siap secara maksimal untuk menerapkan kurikulum 2013 di era pandemi covid-19 sesuai dengan kode etik yang telah di tentukan. Namun usaha dan solusi teap dijadikan bahan solutif unuk meminimalisir problematika tersebut sehingga celah yang masih terlihat bisa tertutupi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dewi Muslimahwati |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 01:50 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 01:50 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |