Umam, Afif (2021) Hubungan Antara Asertivitas dengan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Prodi Psikologi Islam IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
9334177_prabab.pdf Download (851kB) |
|
Text
9334177_bab1.pdf Download (222kB) |
|
Text
9334177_bab2.pdf Download (159kB) |
|
Text
9334`77_bab3.pdf Download (334kB) |
|
Text
9334177_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
|
Text
9334177_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Text
9334177_bab6.pdf Download (11kB) |
|
Text
9334177_daftarpustaka.pdf Download (133kB) |
|
Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi_afif.pdf Download (174kB) |
Abstract
Penyesuaian akademik merupakan salah satu tolak ukur kemampuan mahasiswa dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan kampus. Penyesuaian dalam hal ini meliputi penyesuaian diri dengan sistem yang ada di lingkungan kampus, sosialisasi dengan semua elemen yang ada di lingkungan kampus, serta bagaimana mahasiswa memiliki penguasaan materi perkuliahan yang baik yang diterima selama mengikuti pembelajaran di kampus. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah aspek psikologis diantaranya adalah asertivitas. Asertivitas dianggap memiliki pengaruh terhadap penyesuaian akademik pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis asertivitas, mendeskripsikan dan menganalisis penyesuaian akademik, serta mengetahuin bagaimana hubungan antara asertivitas dengan penyesuaian akademik pada mahasiswa Prodi Psikologi Islam IAIN Kediri. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi psikologi Islam IAIN Kediri angkatan 2017 sebanyak 75 mahasiswa. Pengumpulan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala asertivitas (32 aitem) dan skala penyesuaian akademik (21 aitem). Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS versi 19.0 for windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata skor asertivitas adalah 118,02 ± 25,88 dengan kategorisasi yaitu sebanyak 6,7% asertivitas tergolong rendah, 28,0% tergolong sedang, dan 65,3% tergolong tinggi. Sedangkan nilai rata-rata skor penyesuaian akademik adalah 75,89 ± 16,81 dengan kategorisasi yaitu sebanyak 12% penyesuaian akademik tergolong rendah, 29,3% tergolong sedang, dan 58,7% tergolong tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara asertivitas dengan penyesuaian akademik pada mahasiswa dengan nilai r = 0,651 dan p < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi asertivitas maka semakin tinggi penyesuaian akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | M. Afif Khoirul Umam |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 04:09 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 04:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3168 |
Actions (login required)
View Item |