Strategi Penanaman Karakter Islami di Sekolah Dasar Melalui Penerapan Conditioning System, Integrated Curriculum dan Parents too (studi di SDIT Bina Insani Kediri)

FATIMAH, FATHIMATUL ZAHROL (2017) Strategi Penanaman Karakter Islami di Sekolah Dasar Melalui Penerapan Conditioning System, Integrated Curriculum dan Parents too (studi di SDIT Bina Insani Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
1. SAMPUL _5. PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
7. BAB II.pdf

Download (740kB)
[img] Text
8. BAB III.pdf

Download (194kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
11. BAB VI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
13. PROFIL PENULIS_RESUME.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Krisis karakter di Indonesia bukan merupakan suatu wacana baru lagi, meskipun sebagian besar penduduknya beragama Islam, rupanya belum cukup mengatasi kemrosotan karakter yang ada. Berbagai upaya dilakukan Sekolah Islam Terpadu dalam menciptakan generasi emas yang berkarakter Islami. Salah satunya adalah SDIT Bina Insani Kediri yang menerapkan Conditioning System, Integrated Curriculum dan Parents too dalam mewujudkan visi sekolah yang salah satunya adalah membentuk siswa beradab Islami. Strategi tersebut sejalan dengan pendapat Thomas Lickona tentang strategi mengajarkan nilai karakter di sekolah dan Abdullah Nasihin ‘Ulwan dalam Tarbiyatul Aulad. Selain itu, siswa di SDIT Bina Insani ini cenderung memiliki keunikan daripada siswa yang lain. Keunikan tersebut dapat dilihat dari kesadaran dalam melaksanakan sholat, mengendalikan diri untuk tidak berteriak dan tertawa secara berlebihan, berusaha menerapkan makan dan minum dengan duduk, serta adanya respon positif dari wali murid. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan Conditioning System, Integrated Curriculum dan Parents too dalam menanamkan karakter Islami pada siswa di SDIT Bina Insani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analitis, dengan memfokuskan penelitian pada bentuk penerapan Conditioning System, Integrated Curriculum dan Parents Too di SDIT Bina Insani dalam menanamkan karakter Islami pada siswa.. Hasil dari penelitian ini adalah strategi penanaman karakter Islami melalui penerapan Conditioning System, Integrated Curriculum, dan Parents Poo cukup memberi kontribusi yang positif bagi sekolah. Bentuk dari penerapan Conditioning System adalah melalui pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan dengan keteladanan. Upaya yang dilakukan sekolah dan yayasan untuk mempertahankan komitmen dan kinerja seluruh karyawan adalah dengan memberi upgrading secara rutin, juga dengan memberi apresiasi terhadap kinerja terbaik. Bentuk penerapan Integrated Curriculum adalah memadukan kurikulum Nasional dengan kurikulum Islam. Keterpaduan tersebut mencakup seluruh aktivitas siswa yang didasarkan pada nilai-nilai Islam. Bentuk keterpaduan dalam pembelajaranya adalah dengan mengislamisasi materi atau mengaitkan semua pelajaran dengan aspek duniawi dan ukhrawi. Bentuk penerapan Parents Too atau keterlibatan orang tua di SDIT Bina Insani di antaranya melalui wawancara dan komitmen calon wali murid, komunikasi intensif terkait dengan akhlak, ibadah, dan perkembangan siswa, mengaji bersama, parenting berkala, paguyuban orang tua per kelas, home visit, family gathering, dan parent as teacher. Sekolah juga memberi apresiasi bagi wali murid teladan yang paling aktif keterlibatanya dalam pendidikan anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:34
Last Modified: 11 Apr 2019 03:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item View Item