Isnainy, Niken Ayu (2021) Manajemen Ma'had dalam Membentuk Karakter Siswa di Ma'had Darul Ilmi MAN 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932404917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932404917_bab1.pdf Download (340kB) |
|
Text
932404917_bab2.pdf Download (443kB) |
|
Text
932404917_bab3.pdf Download (201kB) |
|
Text
932404917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
Text
932404917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
932404917_bab6.pdf Download (195kB) |
|
Text
932404917_daftarpustaka.pdf Download (247kB) |
|
Text
932404917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932404917_Niken Ayu Isnainy_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (177kB) |
Abstract
Niken Ayu Isnainy, Dosen Pembimbing Dr. Ali Anwar, M.Ag dan Erwin Indrioko, M.Pd.I.: Manajemen Ma‘had dalam Membentuk Karakter Siswa di Ma‘had Darul Ilmi MAN 2 Kota Kediri, Manajemen Pendidikan Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Manajemen, Ma‘had, Karakter. Manajemen ma‘had merupakan usaha mengelola seluruh sumber daya yang terdapat di ma‘had dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam hal ini manajemen memiliki peranan yang sangat penting bagi pembentukan karakter siswa, mengingat pengaruh atau efek global yang semakin sulit dibendung dan harapan masyarakat agar ma‘had tetap dapat menjadi benteng moral atau pembentukan karakter ditengah krisis moral saat ini. Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan implikasi dari manajemen ma‘had dalam membentuk karakter siswa di Ma‘had Darul Ilmi MAN 2 Kota Kediri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan manajemen ma‘had, pelaksanaan manajemen ma‘had dan implikasi manajemen ma‘had dalam membentuk karakter siswa di Ma‘had Darul Ilmi MAN 2 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari kepala madrasah, kepala ma‘had, staf administrasi, dan pengajar ma‘had. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembentukan karakter siswa di Ma‘had Darul Ilmi meliputi (a) merumuskan tujuan, visi dan misi ma‘had, (b) pembentukan sistem manajemen ma‘had yang mencakup pembagian tugas dan tanggung jawab serta pengambilan keputusan, (c) pengembangan yang mencakup pembinaan musyrif-musyrifah, penyusunan progam kegiatan dan karakter yang ditekankan. (2) Pelaksanaan pembentukan karakter siswa di Ma‘had Darul Ilmi meliputi: (a) kurikulum yang menggunakan kitab tentang akhlak, (b) metode yang berupa uswah dan pembiasaan, (c) media yang berupa kitab kuning dan sarana masjid, (d) pendidikan lifeskills yang diadakan 2 minggu sekali di akhir pekan. (3) Implikasi pembentukan karakter siswa di Ma‘had Darul Ilmi meliputi: (a) dampak yang terlihat dari hasil akademik, keaktifan dan hubungan sosial siswa, (b) efektifitas berupa keantuasiasan siswa dan terus dievaluasi dalam rapat rutin, (c) tolak ukur dilihat hasil akademik dan catatan-catatan uswah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | NIken Ayu Isnainy |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 01:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 01:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
View Item |