Iliyah, Zulifa (2020) Studi Komparasi Antara Metode Pembelajaran Team Game Tournament Dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sman 1 Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932140316 prabab.pdf Download (727kB) |
|
Text
932140316 bab1.pdf Download (194kB) |
|
Text
932140316 bab2.pdf Download (383kB) |
|
Text
932140316 bab3.pdf Download (446kB) |
|
Text
932140316 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text
932140316 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text
932140316 bab6.pdf Download (175kB) |
|
Text
932140316 daftar pustaka.pdf Download (340kB) |
|
Text
932140316 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pada suatu pembelajaran pastinya memerlukan metode agar materi yang disampaikan dapat diterima oleh siswa dengan mudah dan mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Salah satunya pada pembelajaran Agama Islam bisa diterapkan dengan beberapa metode-metode tertentu yang sesuai dengan materi pembahasan. Metode team game tournament adalah metode yang melatih pemahaman, keketanggapan, dan antusias siswa sehingga mereka bisa berperan aktif dalam pembelajaran. sedangkan metode diskusi adalah metode yang mengajarkan siswa untuk berfikir bersama-sama dan memunculkan hasil pemikiran yang baru. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui efektifitas metode team game tournament dan metode diskusi terhadap hasil belajas siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran agama Islam dan budi pekerti. Dari kedua metode tersebut maka akan diketahui metode yang lebih efektif untuk diterapkan pada pelajaran agama Islam. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang terdiri dari XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4. Dengan teknik sampling Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling yang memberikan pelung yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik digunakan adalah Simple Random Sampling, yaitu suatu teknik yang dalam pengambilan anggota dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Pada penelitian ini sampelnya adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas yang menerapkan metode diskusi, kelas XI IPS 3 sebagai kelas yang menerapkan metode team games tournament (TGT). Dengan uji sampel independent t-test. Berdasarkan hasil data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan metode TGT (Team Game Tournament) lebih tinggi 87,25 dibandingkan dengan metode diskusi 79,55. Hal ini jua didukung dengan tingkat partisipasi peserta didik. Pada metode team game tournament 85,00 dan metode diskusi 80,00. Sehingga hasil analisis independent sampel t-test menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik antara kelas yang menggunakan metode team game tournament dan metode diskusi yakni nilai signifikansi 2 t-tailed 0,00 < 0,05. Besar persentase kefektifan metode team game tournament adalah 87,25% dengan kategori sangat efektif dan metode diskusi 79,55% dengan kategori efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:01 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3093 |
Actions (login required)
View Item |