Makhsunah, Eliya (2020) Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Budaya Islam ( Studi SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932139615 prabab.pdf Download (944kB) |
|
Text
932139615 bab1.pdf Download (156kB) |
|
Text
932139615 bab2.pdf Download (266kB) |
|
Text
932139615 bab3.pdf Download (161kB) |
|
Text
932139615 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
Text
932139615 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
|
Text
932139615 bab6.pdf Download (7kB) |
|
Text
932139615 daftar pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
932139615 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Perilaku siswa yang awalnya kurang sesuai dengan nilai-nilai agama, dengan adanya kegiatan penananaman nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan dalam rangka mendorong pembentukan kepribadian peserta didik sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.Fokus penelitian: 1) bagaimana bentuk penanaman nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare 2) ) bagaimana bentuk penanaman nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 2 Pare 3) Bagaimana guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare 4) Bagaimana guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 2 Pare 5) Apa perbedaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare 6) Apa persamaan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare sebagai berikut (1) Bentuk nilai-nilai budaya Islam yang ditanamkan di SMA Negeri 1 Pare yaitu: doa bersama sebelum pembelajaran, membaca asmaul husna, membaca Al-Quran, sholat, Infaq, PHBI, dan 5S (2) Bentuk nilai-nilai budaya Islam yang di SMA Negeri 2 Pare diterapkan yaitu: doa bersama sebelum pembelajaran, membaca asmaul husna, membaca Al-Quran sholat jumat, Infaq, PHBI, dan budaya 5S (3) guru PAI menanamkan nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan di SMA Negeri 1 Pare dengan melakukan beberapa pendekatan antara lain pendekatan pembiasaan, pendekatan keteladana pendekatan pengalaman, pendekatan fungsional, dan pendekatan emosional, (4) guru PAI menanamkan nilai-nilai budaya Islam yang diterapkan di SMA Negeri 2 Pare dengan melalui pendekatan, yaitu: pendekatan pembiasaan, keteladanan, hukuman, pengalaman, fungsional, emosional, (5) Persamaan guru PAI di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare menanamkan nilai-nilai budaya Islam, sama-sama menggunakan pendekatan pembiasaan dan keteladanan, memeberikan pengalaman, hukuman, fungsional dan emosional, (6) Perbedaan guru PAImenanamkan nilai-nilai budaya Islam di SMA Negeri 1 Pare dan SMA Negeri 2 Pare, penekanan pendekatan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam di dua lemabaga, dalam melakukan melakukan pendekatan hukuman yang dilakukan pada guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Pare itu sangatlah kurang sehingga masih banyak peserta didik yang belum mengaplikasikan nilainilai budaya Islam yang telah ditanamkan kepada mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 04:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 04:00 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3090 |
Actions (login required)
View Item |