Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Al Khidmah Ngronggot Nganjuk

Ahsani, Nurul (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Al Khidmah Ngronggot Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932139116 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932139116 bab1.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932139116 bab2.pdf

Download (518kB)
[img] Text
932139116 bab3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932139116 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
932139116 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
932139116 bab6.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932139116 daftar pustaka.pdf

Download (313kB)
[img] Text
932139116 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

Quantum teaching adalah salah satu metode pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan guru menggunakan metode quantum teaching dalam proses pembelajaran siswa lebih mudah untuk membuat contoh dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari mereka. Salah satu langkah agar siswa lebih mudah membuat contoh dan mengaplikasikan materi ke dalam kehidupan sehari-hari mereka seperti yang diterapkan di MTs Al Khidmah Ngronggot Nganjuk adalah dengan menerapkan metode quantum teaching. Adapun fokus penelitian yang dibahas di dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Khidmah Ngronggot Nganjuk? (2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Khidmah Ngronggot Nganjuk? (3) Bagaimana evaluasi dari hasil penerapan metode pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Al Khidmah Ngronggot Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di MTs Al Khidmah Ngronggot Nganjuk. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan 3 cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan credibilitas (kepercayaan), transferability (Keteralihan), dependabilitas (ketergantungan), confirmabilitas (kepastian). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan metode quantum teaching terdiri dari membuat perangkat pembelajaran dan mempersiapkan metode quantum teaching itu sendiri, mulai dari mempersiapkan materi, motivasi, kata kunci, sampai dengan perayaan. 2) Penerapan metode quantum teaching yaitu: pembukaan, apersepsi, penataan lingkungan belajar, mendemonstrasikan dan perayaan. 3) Evaluasi metode quantum teaching, yakni mereview materi yang diajarkan kemudian melakukan tanya jawab kepada peserta didik dan dilakukan ulangan harian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:59
Last Modified: 13 Jan 2022 03:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3085

Actions (login required)

View Item View Item