Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Kelas XI Akutansi Di SMK PGRI 2 Kota Kediri

Addiniyah, Nur Khamalah (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru PAI Terhadap Akhlakul Karimah Siswa Kelas XI Akutansi Di SMK PGRI 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138315 prabab.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932138315 bab1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
932138315 bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
932138315 bab3.pdf

Download (378kB)
[img] Text
932138315 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
932138315 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
932138315 bab6.pdf

Download (5kB)
[img] Text
932138315 daftar pustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932138315 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)

Abstract

Seorang guru merupakan figur teladan bagi anak didiknya. Dengan kata lain, guru menjadi panutan bagi anak didiknya. Oleh karena itu seorang guru harus memperkaya diri dengan nilai moral dan agama, yang nantinya layak ditiru dan diteladani oleh siswanya.karena kebanyakan guru dalam pemikiranya hanya bertugas untuk mentransfer ilmu semata, tanpa memikirkan perkembangan akhlak siswa di sekolah. Salah satu contohnya, siswa kelas XI Jurusan Akutansi di SMK PGRI 2 Kota Kediri, ketika pada saat jam pelajaran PAI berlangsung mereka tetap asik dengan gedget yang dipegang, sehingga mereka kurang memeperhatikan guru, dan yang terjadi akhirnya guru memberikan materi pembelajaran dengan duduk. Tidak adanya semangat guru dalam pembelajaran juga menjadi pemicu siswa kurang menghargai guru. Tetapi ketika pada jam mata pelajaran matimatika guru yang mengajar lebih menunjikkan sikap yang terbuka ketika pembelajaran, yang akhirnya membuat siswa lebih memperhatikan apa yang disampaikan didepan kelas Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru dan kompetensi sosial guru terhadap akhlak siswa.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatankuantitaf, dan metode yangdiggunakan korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuisoner,obsevasi, dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Kediri jurusan Akutansi yang berjumlah 115 siswa. Sedangkan sampel untuk penelitian ini sebanyak 75 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dalam penelitian ini adalah. 1. Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru di SMK PGRI 2 Kota Kediri tergolong cukukp tinggi dengan rata-rata sebesar 74,37. 2. Persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI di SMK PGRI 2 Kota Kediri tergolong cukup tinggi dengan rata-rata sebesar 54,44. 3. Akhlakul karimah siswa di SMK PGRI 2 Kota Kediri tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 75,15. 4. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap Akhlakul karimah siswa sebesar 20,3% . 5. Ada pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI terhadap Akhlakul karimah siswa sebesar 18%. 6. Persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI dan persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru PAI secara bersama-sama mempengaruhi akhlakul karimah siswa sebesar 20,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:41
Last Modified: 11 Jan 2022 00:41
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3077

Actions (login required)

View Item View Item