Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Al-Karim Gondang, Kab.Nganjuk Tahun Ajaran 2019/2020

Rohmah, Ana Ni'matur (2020) Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Al-Karim Gondang, Kab.Nganjuk Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932136916 prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932136916 bab1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932136916 bab2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
932136916 bab3.pdf

Download (474kB)
[img] Text
932136916 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
932136916 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
932136916 bab6.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932136916 daftar pustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text
932136916 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan suatu pencapaian dalam proses pembelajaran, sehingga prestasi belajar menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Selain itu untuk melihat kemampuan yang dicapai siswa dapat dilihat juga dari prestasi belajarnya melalui penilaian-penilaian yang telah dilakukan guru. Untuk meningkatkan prestasi siswa perlu diperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya, salah satunya adalah gaya belajar siswa. Meskipun setiap siswa memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda, namun dalam penerapannya siswa akan menggunakan gaya belajar yang lain meskipun tidak dominan. Kebanyakan peneliti akan membedakan siswa berdasarkan kecenderungan gaya belajarnya. Padahal gaya belar yang bervariasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, dengan demikian peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara tingkat variasi gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menjadikan siswa kelas VIII MTs. Al-Karim Gondang, Kab.Nganjuk yng berjumlah 47 siswa sebagai populasi. Karena populasi kurang dari 100 maka peneliti menggunakan seluruh populasi sebagai sampel, sedangkan instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji korelasi dan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian menunjukkan gaya belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Karim rata-rata siswa memiliki skor variasi gaya belajar sebesar 52. Berdasarkan penghitungan kategorisasi, skor tersebut termasuk dalam kategori sedang dengan perolehan presentase 51,1% atau sebanyak 24 siswa. Sedangkan pada skor prestasi belajar menunjukkan rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 79,88. Sehinggga berdasarkan penghitungan 5 skala kategorisasi rata-rata siswa kelas VIII MTs. Al-Karim memiliki prestasi belajar dengan kategori tinggi, yakni dengan perolehan presentase 40,43% atau setara dengan 19 siswa. Untuk hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa, yakni diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,301 dengan taraf kesalahan 5%. Selain itu, juga didapatkan hasil yang menunjukkan pengaruh tingkatvariasi gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah 9,06%. Berdasarkan persamaan dari analisis regresi didapatkan hasil Y = 75,091+0,092 × gaya belajar, ditentukan setiap satu kenaikan skor X (gaya belajar), maka Y (prestasi belajar) akan naik sebesar 0,092.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Jan 2022 00:40
Last Modified: 11 Jan 2022 00:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3074

Actions (login required)

View Item View Item