Khumairok, Binti Sharah Al (2020) Upaya Guru Al-Qur’an Hadist Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Ma’arif NU Al Amin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932134116 prabab.pdf Download (586kB) |
|
Text
932134116 bab1.pdf Download (347kB) |
|
Text
932134116 bab2.pdf Download (373kB) |
|
Text
932134116 bab3.pdf Download (252kB) |
|
Text
932134116 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text
932134116 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
Text
932134116 bab6.pdf Download (125kB) |
|
Text
932134116 daftar pustaka.pdf Download (120kB) |
|
Text
932134116 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, tidak pernah terlepas dari kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa termasuk dalam pelajaran Al- Qur’an Hadist. Berdasarkan hal tersebut sangat perlu diadakan suatu penelitian. Dengan fokus penelitian diantaranya: 1) Bagaimana bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Ma’arif NU Al-Amin ?,2) Bagaimanakah Metode yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU Al-Amin?, 3) Bagaimanakah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Ma’arif NU Al Amin? Peneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tiga metode dalam memperoleh data, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa: 1.Bentuk kesulitan belajar siswa adalah: kesulitan dalam hal memahami materi, membaca ayat Al-Qur’an dan Hadist dan menghafalkan ayat-ayat Al- Qur’an. Metode yang digunakan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar antara lain: Metode Umpan balik, metode intruksi secara langsung, metode pembelajaran terbalik, dan metode Peer tutoring. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa adalah kurangnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, adanya masalah pada diri sendiri dan keluarga yang tidak harmonis, ketergantungan game online, tidak adanya kegiatan luar sekolah yang dapat meminimalisir kesulitan mereka dan pergaulan sebaya, perkumpulan dengan teman lingkungan luar yang tidak sesuai.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 00:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 00:38 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3066 |
Actions (login required)
View Item |