Hidayah, Erfina Rahmatul (2020) Peran Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132414 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932132414 bab1.pdf Download (145kB) |
|
Text
932132414 bab2.pdf Download (205kB) |
|
Text
932132414 bab3.pdf Download (153kB) |
|
Text
932132414 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text
932132414 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (307kB) |
|
Text
932132414 bab6.pdf Download (131kB) |
|
Text
932132414 daftar pustaka.pdf Download (158kB) |
|
Text
932132414 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Degradasi akhlak dan karakter di Indonesia merupakan masalah yang semakin menjadi ditengah era yang terus modern. Salah satu cara yang dianggap ampuh dalam menyelesaikan problematika tersebut adalah pendidikan karakter. Di Indonesia, pendidikan karakter senantiasa diperbaiki sedemikian rupa supaya mampu menghadapi masalah yang semakin kompleks. Terbaru, sesuai dengan Perpres Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pemerintah berharap program ini mampu mencetak generasi bangsa yang tidak hanya cerdas dalam berfikir tetapi juga memiliki karakter sekaligus akhlak yang baik. SMP Negeri 3 Kediri dalam hal ini memanfaatkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sebagai cara untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan nilai – nilai keislaman para peserta didiknya. Berangkat dari permasalahan tersebutlah penelitian ini berfokus pada : peran penguatan pendidikan karakter dalam memningkatkan nilai-nilai keislaman, yang kemudian dijabarkan menjadi rumusan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 3 Kediri? (2) Bagaimana peran penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan nilai keislaman di SMP Negeri 3 Kediri? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 3 Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi aatau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru koordinator Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), guru Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), serta beberapa sisiwa kelas VIII. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan Penguatan pendidikan karakter (PPK) dalam meningkatkan nilai - nilai keislaman di SMP Negeri 3 Kediri adalah penanaman nilai-nilai keislaman melalui pembiasaan sehari-hari baik dalam kegiatan intrakulikuler maupun ekstrakulikuler, serta menjadikan PPK sebagai salah satu mata pelajaran yang berfokus pada Baca Tulis Al Qur’an (BTQ). Kedua, peran penguatan pendidikan karakter yang meliputi pembiasaan, ektrakulikuler dan mata pelajaran penguatan pendidikan karakter (PPK) terbukti efektif dalam meningkatkan nilai keislaman di SMP Negeri 3 Kediri baik nilai-nilai keislaman secara illahiyah maupun insaniyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 00:37 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 00:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3063 |
Actions (login required)
View Item |